14 Nakes Terinfeksi Corona, RS Elisabeth Purwokerto Ditutup Sepekan

Arbi Anugrah - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 08:59 WIB
Ilustrasi Tenaga Medis COVID-19
(Foto: Ilustrasi: Luthfy Syahban)
Banyumas -

Sebanyak 14 tenaga kesehatan (nakes) di RS Elisabeth Purwokerto di Banyumas terpapar virus Corona atau COVID-19. Pelayanan di rumah sakit tersebut pun tutup sementara selama sepekan ke depan.

Bupati Banyumas Achmad Husein membenarkan hal tersebut, bahkan pihaknya telah mendapatkan informasi bahwa pelayanan di IGD (instalasi gawat darurat) RS Elisabeth ditutup sementara, karena terdapat nakes terinfeksi Corona.

"Ya betul, ada 14 nakes yang di IGD positif," kata Husein dalam pesan singkatnya kepada wartawan di Purwokerto, Jumat (18/6/2021).

Husein mengatakan jika pihak RS langsung melakukan antisipasi dengan mengisolasi nakes yang positif COVID-19. Ke-14 nakes terinfeksi Corona tersebut di isolasi didalam RS tersebut. "Jadi, 14 nakes yang positif diisolasi di RS Elisabeth," ucapnya.

Direktur RSU Elisabeth Purwokerto AR Siswanto Budi Wijoto saat dikonfirmasi terpisah juga membenarkan jika ada nakes yang positif COVID-19. Sehingga pelayanan ditutup sementara.

"Iya karena harus disterilkan sementara waktu," jelasnya singkat.

Berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh RS Elisabeth Purwokerto, RS tersebut sempat melakukan dekontaminasi area pelayanan dan pengaturan nakes secara berkala. Pelayanan yang ditutup sementara selama sepekan diantaranya pelayanan IGD, Poli Umum, Poli Gigi, Poli Spesialis Reumatologi, dan Satelit Farmasi IGD.

"Ditutup mulai Kamis (17/6/2021) jam 14.00 WIB hingga Kamis (24/6./2021) jam 14.00 WIB," tulis surat tersebut.

Selain itu, RS Elisabeth juga menyatakan bahwa Ruang Rosa lantai empat dipergunakan kembali sebagai ruang isolasi.

Simak video 'Grafik Lonjakan Kasus Corona di Jakarta Per 6-17 Juni':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)