Update Corona di Jateng Hari Ini: Wonogiri Masuk Zona Merah

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 20:21 WIB
Update zona merah Corona di Jateng, Kamis (17/6/2021).
Update zona merah Corona di Jateng, Kamis (17/6/2021). Foto: tangkapan layar YouTube BNPB Indonesia
Semarang -

Zona merah penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Jawa Tengah (Jateng) hari ini ada di 8 daerah. Lebih terperinci zona merah ada di 347 kelurahan dari 67 kecamatan.

Data tersebut dipaparkan oleh Pelaksana Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo, dalam acara "Langkah Pengendalian Kasus Pasca Lebaran" yang disiarkan langsung dalam YouTube BNPB Indonesia.

"Saya laporkan bahwa dari data zonasi epidemiologi, sudah jadi 8, Kudus, Demak, Jepara, Pati, Grobogan, Tegal, Brebes, dan Wonogiri," kata Prasetyo dalam paparannya, Kamis (17/6/2021).

"Sekda Kabupaten Kota sepakat kalau pendekatan regional misal Solo Raya ada kabupaten merah maka destinasi wisata di dekatnya menutup. BOR (bed occupancy rate) tinggi akan berdampak ke sebelahnya. Misal Demak, Kudus, larinya ke Semarang. Memang Semarang meningkat mendekati 90 persen karena dia harus melayani kabupaten kota sebelahnya," ujarnya.Ia menyebutkan hal itu menjadi keprihatinan. Salah satu langkah antisipasi dilakukan setelah para sekda se-Jateng dikumpulkan virtual dan keluar surat edaran Gubernur Jateng untuk pengetatan. Salah satu contohnya di bidang pariwisata.

Prasetyo menjelaskan Pemprov Jateng juga meminta rumah sakit di daerah-daerah untuk meningkatkan kapasitas tempat tidur (TT) isolasi dan ICU sebanyak 30 persen.

"Rencana kontingensi sudah dibuat. Jadi Kudus dan sekitarnya yang pengaruhnya luas di kabupaten sekitar kita sudah petakan kebutuhan TT isolasi, TT ICU kota lihat dan wajibkan setiap kabupaten kota wajib tingkatkan 30 persen kapasitas, TT ICU minimal 15. Karena ada kabupaten kota yang TT ICU hanya 5," katanya.

Selain itu saat ini juga disiapkan rumah sakit khusus penanganan COVID-19 yaitu di Semarang dan Jepara. Salah satunya adalah RSJD Amino Gondohutomo, Semarang.

"Provinsi sudah convert 2 RSUD. Rumah Sakit Amino Gondohutomo di Semarang convert dengan 150 bed. Ini Rumah sakit jiwa, alihkan jadi rumah sakit COVID. Akan mulai hari Kamis," katanya.

"Jepara convert akan buat rumah sakit khusus, lainnya akan ditampung di RS sebelahnya atau RS lapangan. Selain itu buat RS terpusat seperti di Jakarta, Asrama Haji Donohudan hampir 80 persen terisi kapasitas 872. Badan Diklat Provinsi juga kita buka," imbuh Prasetyo.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2