Waspada! Ada Akun WA Catut Bupati Klaten Minta Sumbangan

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 22:25 WIB
Tangkapan layar chat WA catut nama Bupati Klaten minta donasi
Tangkapan layar chat WA catut nama Bupati Klaten minta donasi (Foto: dok. Istimewa)
Klaten -

Ada akun WhatsApp (WA) yang mengatasnamakan Bupati Klaten Sri Mulyani meminta donasi beredar. Akun penipu itu menghubungi para pejabat di Pemkab Klaten dengan maksud menggalang dana sosial.

"Akun whatsapp 085964224593 yang mengatasnamakan bupati itu menghubungi beberapa pihak seperti pengurus BUMDes, Kepala Desa, hingga pejabat strutural Setda Klaten. Modusnya menggalang dana," ungkap Kepala Dinas Komunikasi Informatikan (Diskominfo) Pemkab Klaten, Amin Mustofa pada detikcom, Sabtu (12/6/2021).

Amin memastikan akun WhatsApp tersebut palsu. Pihaknya menyebut informasi dari akun WhatsApp itu palsu atau hoax.

"Informasinya dari akun tersebut juga palsu. Harap hati-hati dengan pesan yang mengatasnamakan bupati dan segera konfirmasi ke Pemkab Klaten terkait kebenarannya," sambung Amin.

Amin menyebut pesan yang disampaikan berisi penggalangan dana untuk pondok pesantren. Namun saat direspons balik, akun tersebut justru tidak mengenal pihak yang memberi respons.

"Saat direspons pesan broadcast tersebut, pelaku justru menanyakan siapa yang merespons pesan tersebut dengan gaya penulisan yang tidak biasa. Jadi tidak kenal," lanjut Amin.

Terpisah, Kasubag Komunikasi dan Disiminasi informasi Dinas Kominfo Pemkab Klaten, Joko Priyono mengatakan ini merupakan peristiwa kedua. Bedanya kali ini foto bupati yang dipakai penipu berbaju merah.

"Kalau dulu foto yang dijadikan profil mengenakan seragam putih. Tapi kali ini foto berbaju merah, nomornya bukan nomor bupati, cuma foto profil menggunakan foto bupati," kata Joko pada detikcom.

Sejauh ini, imbuh Joko, belum ada pihak yang menjadi korban. "Belum ada yang jadi korban, ini untuk kewaspadaan saja. Kalau di internal Pemkab jelas tidak mungkin percaya, jadi sasaran di desa atau luar Pemkab," kata Joko.

Sebelumnya diberitakan, ada akun Facebook yang mencatut nama Bupati Klaten, Jawa Tengah, Sri Mulyani. Pemkab Klaten memastikan akun Facebook tersebut bukan milik Sri Mulyani.

"Tadi pagi bupati sudah menyampaikan pesan secara pribadi bahwa beliau tidak punya akun media sosial Facebook. Apalagi dengan nama Sri Mulyani," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Pemkab Klaten, Amin Mustofa, kepada wartawan di kompleks Pemkab Klaten, Selasa (12/1).

(ams/ams)