Perkembangan Terkini Kasus Takjil Sianida Bantul: Nani Ganti Pengacara

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 11:51 WIB
Nani Aprilliani Nurjaman, pegirim takjil beracun di Bantul
Nani Aprilliani Nurjaman, pegirim takjil beracun di Bantul. (Foto: Pius Erlangga/detikcom)
Bantul -

Polisi menyampaikan perkembangan terkini terkait kasus takjil sianida yang menewaskan seorang bocah anak driver ojek online (ojol) di Bantul. Penasihat hukum (PH) dari pengirim takjil beracun yakni Nani Aprilliani Nurjaman (25) kini telah diganti oleh pihak keluarga.

"Jadi sebelumnya kami sudah menyediakan pengacara yang mendampinginya dalam pemeriksaan. Tapi sekarang (PH) sudah diganti dari keluarga (Nani)," kata Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Ngadi, saat dihubungi wartawan, Selasa (18/5/2021).

Menyoal siapa nama pengacara baru dari Nani, Ngadi kembali enggan mengungkapkannya.

"Soal itu (nama pengacara baru Nani) saya belum bisa bicara. Sementara itu dulu ya informasinya, karena untuk update kasus juga belum ada," ucapnya.

Sebelumnya, Ngadi menyebut jika selama pemeriksaan Nani Aprilliani mendapat pendampingan dari penasehat hukum yang disediakan dari kepolisian. Saat itu dia polisi hanya memberi identitas pengacara berupa inisial.

"(Pengacara Nani) Inisial A," katanya.

Terkait hal itu, Ketua Peradi Kabupaten Bantul Jayaputra Arsyad mengaku belum mengetahui siapa inisial A yang menjadi PH dari Nani. Pasalnya tidak ada informasi yang beredar di kalangan Peradi Kabupaten Bantul.

"Belum ada, kalau yang menangani atas nama pelapor ada. Tapi kalau atas nama terlapor, tersangkanya tidak ada. Jadi saya belum tahu, belum ada info di Peradi (siapa yang menjadi pengacara Nani Aprilliani)," katanya saat dihubungi wartawan, Kamis (6/5).

Menyoal etika penyebutan nama PH, Jayaputra menilai seharusnya polisi menjelaskan siapa nama terang dari A. Pasalnya inisial hanya berlaku bagi tersangka kasus kejahatan.

(sip/mbr)