Sultan HB X Ungkap Permintaan Jokowi Antisipasi Lonjakan Kasus Corona

Heri Susanto - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 16:42 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mewaspadai lonjakan kasus virus Corona atau COVID-19. Terutama setelah adanya libur Lebaran yang diperkirakan ada 1,4 juta pemudik keluar Jakarta.

Permintaan Jokowi ini disampaikan langsung di hadapan pejabat tinggi di DIY saat rapat koordinasi secara virtual. Dari prediksi pemerintah pusat, ada kecenderungan kenaikan kasus.

"Wilayah khususnya Sumatera ya itu kecenderungan naik. Yang lain (daerah lain) diminta hati-hati," kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X usai rapat koordinasi dengan Presiden Jokowi secara virtual di Kompleks Kepatihan, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Senin (17/5/2021).

Sultan menjelaskan, jika terjadi penularan pada libur Lebaran, kemungkinan baru bisa terdeteksi pada minggu depan sesuai dengan masa inkubasi virus Corona.

"Iya tapi kan itu kita nggak bisa tahu mempengaruhi kenaikan atau positif masing-masing nanti dua minggu lagi (kenaikan)," kata Sultan.

Pemda DIY, kata Sultan, juga diminta Jokowi untuk mempersiapkan bed occupancy rate (BOR) selama menghadapi kenaikan. Saat ini, BOR rumah sakit di DIY 41,59 persen. Jauh di bawah angka nasional yang mencapai 29 persen.

"Yogya masih 41,59 persen. Harapannya di atas 50 persen yang masih di rumah sakit. Masih di atas nasional 29 persen. Berarti masih 400-an sekian (pasien positif) di rumah sakit. Semoga tidak ada penularan-penularan baru," katanya.

Sultan mengungkapkan setelah libur Lebaran ini, awal Juni nanti harus sudah ada langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus Corona. Di antaranya dengan kemungkinan penambahan BOR jika memang terjadi lonjakan kasus COVID-19 di DIY.

"Iya baru awal Juni nanti sudah kelihatan kenaikan," jelasnya.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 DIY pada Senin (17/5) hari ini, tercatat ada 136 kasus positif Corona, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 42.142 kasus. Kemudian kasus sembuh sebanyak 170 kasus, menjadi 38.696 kasus. Penambahan kasus meninggal sebanyak 8 kasus, sehingga total kasus meninggal menjadi 1.076 kasus.

(rih/ams)