Hore! Remaja Difabel Penjaja di Pekalongan Ini Dapat Bantuan Motor Listrik

Robby Bernardi - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 18:04 WIB
Gading, remaja difabel penjaja minuman keliling Alun-alun Kabupaten Pekalongan mendapatkan motor listrik dari Mensos Tri Rismaharini, Minggu (16/5/2021).
Gading, remaja difabel penjaja minuman keliling Alun-alun Kabupaten Pekalongan mendapatkan motor listrik dari Mensos Tri Rismaharini, Minggu (16/5/2021). Foto: Robby Bernardi/detikcom
Kabupaten Pekalongan -

Masih ingat Gading Oga Syahputra (17), remaja difabel penjaja minuman keliling Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, dengan sepeda roda tiganya? Gading mendapatkan bantuan motor listrik dari Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Selain motor listrik, anak kedua dari pasangan Suwono (46) dan Susiyati (46) ini juga menerima bantuan modal usaha Rp 19 juta. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Mensos Risma di rumah Gading di Dukuh Bubak, Desa Kebonagung, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan.

"Jadi hari ini kami menyerahkan bantuan untuk Gading, untuk Gading bisa beraktivitas lebih mudah lagi. Karena itu kita memberikan aksesibilitasnya dan modal untuk usaha," kata Risma, Minggu (16/5/2021).

Risma menyebut Gading memiliki cita-cita membuka toko kelontong.

"Gading pengin usaha kelontong, nanti kita bantu. Mereka yang paling penting mandiri, ke depannya tidak merepotkan siapapun juga," kata Risma.

Tak hanya itu, Risma juga memastikan Gading akan mendapatkan terapi untuk melancarkan gerak tubuhnya.

"Gading akan kita terapi, akan lebih bagus gerakannya," lanjutnya.

Motor listrik roda tiga yang diberikan kepada Gading, kata Risma, merupakan rakitan dari orang-orang difabel. Pihaknya pun telah memesan 490 buah motor serupa.

Sementara itu, Gading langsung mencoba motor listrik yang diberikan Mensos Risma tersebut.

"Senang, dapat motor," kata Gading.

Gading Ogi Syahputra, difabel remaja penjual rokok dan air minum keliling di Kabupaten Pekalongan, Jumat (26/3/2021).Gading, remaja difabel penjual rokok dan air minum keliling di Kabupaten Pekalongan saat mengayuh sepeda roda tiganya, Jumat (26/3/2021). Foto: Robby Bernardi/detikcom

Ayah Gading, Suwono, merasa terharu atas pemberian motor listrik roda tiga tersebut. Pasalnya, selama ini Gading jualan minuman keliling dengan sepeda kayuh roda tiga. Di mana saat mengayuh sepeda, Gading merasa cukup kesulitan.

"Saya senang, tidak sangka Bu Menteri mau ke rumah saya. Alhamdulillah, dapat bantuan," kata Suwono.

Suwono menceritakan Gading sejak lahir memang terhambat pertumbuhannya. Ia tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, demikian juga dengan berucap. Untuk berpindah tempat, ia harus agak merayap atau mengesot.

"Walaupun seperti itu (keterbatasan), anak saya tetap nekat jualan. Katanya ingin membantu orang tuanya. Disuruh di rumah tidak mau, maunya jualan," katanya.

Dengan keterbatasan fisik ini, Gading tetap bersemangat dalam mencari rezeki dan tidak ingin berpangku tangan begitu saja. Sudah dua tahun ini Gading berjualan air mineral dan rokok keliling di seputar Alun-alun Kabupaten Pekalongan.

(rih/rih)