20 Orang Sekampung di Solo Positif Corona

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 10:38 WIB
COVID-19 Health insurance concept. Blurring of hand holding pen and Stethoscope on health form. Focus on
Ilustrasi kasus virus Corona (Foto: Getty Images/iStockphoto/farosofa)
Solo -

Sebanyak 20 orang di kawasan RT 06 RW 07, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19. Mereka saat ini dikarantina di Asrama Haji Donohudan dan rumah sakit.

Plt Lurah Sumber, Supyanto, mengatakan dari 20 orang tersebut, satu orang di antaranya dirawat di rumah sakit dan sisanya dikarantina di Donohudan karena tidak bergejala. Sementara sekitar 50 orang di kampung tersebut harus menjalani karantina mandiri di rumah.

"Sementara ada 20 orang positif. Masih ada yang hasilnya belum keluar. Warga kampung karantina di rumah," kata Supyanto saat dihubungi detikcom, Minggu (16/5/2021).

Meski warga kampung menjalani isolasi mandiri di rumah, Supyanto mengatakan tidak melakukan lockdown di kampung itu. Warga lain yang tidak dikarantina bisa menggunakan akses jalan.

"Tidak ada lockdown, akses tetap kita buka. Tetapi ada petugas dan karang taruna yang memantau. Logistik kita pastikan aman," kata dia.

Menurutnya, hasil swab warga kampung tersebut keluar sejak Rabu (12/5) lalu. Mereka terpaksa melaksanakan malam takbiran dan salat Idul Fitri di rumah masing-masing dan di rumah karantina.

"Rabu pagi itu kita kirim ke Donohudan. Jadi malam takbiran itu tidak ada kegiatan di masjid, salat Idul Fitri juga di rumah masing-masing. Salat lima waktu juga di rumah masing-masing, tapi azan tetap diperbolehkan," ujarnya.

Hingga Sabtu (15/5/2021), total akumulasi kasus COVID-19 di Solo berjumlah 10.788 orang positif. Rinciannya, 10.005 orang sudah sembuh, 189 orang isolasi mandiri, 65 orang masih dirawat, 529 orang meninggal dunia.

Simak juga 'Ditemukan 1 Kasus Positif, Karyawan Solo Grand Mall Tes Swab Massal':

[Gambas:Video 20detik]



(bai/rih)