8.000 Kendaraan Ditangkal Masuk Jateng Selama Masa Penyekatan

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 11:34 WIB
Kapolda Jateng pantau pos penyekatan di Klaten, 12/5/2021
Kapolda Jateng pantau pos penyekatan di Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Selama masa penyekatan larangan mudik, sebanyak 28.000 unit kendaraan yang masuk wilayah Jawa Tengah diperiksa jajaran Polda Jateng. 8.000 kendaraan di antaranya dipaksa putar balik.

"Dari seluruh Jawa Tengah totalnya kita periksa hampir 28.000 kendaraan. Kita putar balik 8.000 unit kendaraan," terang Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi pada wartawan di sela mengecek pos penyekatan Prambanan, Klaten, Rabu (12/5/2021) siang.

Dari jumlah kendaraan yang masuk itu, sebut Luthfi, ada penumpang yang diperiksa dengan swab. Jumlah yang diperiksa mencapai 1.800 orang. "Kita seluruhnya sudah 1.800 sekian yang kita lakukan swab untuk pemudik. Yang positif hanya satu orang di kilometer 519," jelas Lutfi.

Luthfi menambahkan untuk antisipasi arus balik nantinya tetap diberlakukan pos yang sama. Pemeriksaan akan tetap dilakukan dengan skala prioritas.

"Arus balik posnya tinggal diganti dari kiri ke sebelah kanan. Pemeriksaan menggunakan skala prioritas, minimal kembali harus dilengkapi surat keterangan swab," ujar Lutfi.

Bagi jalur tikus, kata Luthfi, akan dilakukan patroli. Polsek sudah lebih memetakan wilayah masing- masing.

"Jalur tikus kita lakukan patroli dengan skala terbatas, jangan sampai tikus terganggu. Itu anggota Polsek sudah main, protap sama yaitu periksa, minta keterangan, kalau pendatang kembali, pulang kampung lakukan isolasi mandiri," pungkas Luthfi.

Simak juga video 'Ratusan Kendaraan Diputar Balik di GT Cikarang Pagi Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)