Masjid Agung Kudus Bakal Gelar Salat Id dengan Prokes Ketat

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 16:43 WIB
Masjid Agung Kudus
Masjid Agung Kudus (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Masjid Agung Kudus, Jawa Tengah, memastikan tetap menggelar salat Id saat Hari Raya Idul Fitri 2021. Panitia masjid pun menunggu hasil sidang yang digelar Kementerian Agama untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri 2021.

"Kami sudah siap, kita laksanakan dalam pemenuhan prokes yang ketat. Kita menunggu hasil sidang isbat nanti malam," kata Ketua Panitia Kegiatan Ramadhan Masjid Agung Kudus, Zaenal Fahmi, kepada wartawan di Kantor Kemenag Kudus, Selasa (11/5/2021).

Zaenal menuturkan nantinya akan dibuka satu pintu masuk untuk jemaah Masjid Agung Kudus. Dari pintu masuk ini jemaah akan dicek mulai memakai masker dan dicek suhu tubuhnya.

"Di dalam masjid, mulai dari masuk ke gerbang kita pakai satu pintu. Semua cek kita cek suhu dan pastikan pakai masker. Juga sediakan hand sanitizer dan cuci tangan. Kita sediakan beberapa sudut," terang Zaenal.

Dia menyebut jumlah jemaah yang mengikuti salat Id pun bakal dibatasi, yakni sekitar separuh dari kapasitas masjid. Selain itu, nantinya akan diatur jarak antara satu jemaah dengan yang lainnya.

"Kalau di dalam sudah pastikan berjarak, sehingga kapasitasnya 50 persen dari kapasitas yang ada di masjid. Di masjid ada pola, jaga jarak. Itu tuntutan paling sederhana di dalam itu separuh dari kapasitas di masjid. Paling sekitar 300 jemaah saja. Baik putra dan putri," terang Zaenal.

Dia menjelaskan jemaah di luar masjid akan dipantau satgas. Sebab diperkirakan jemaah salat Id akan sampai ke kawasan Alun-alun Kudus.

"Sedangkan di luar gerbang kita tim satgas dari personel Banser Kudus. Jemaah di luar masjid di jalan dan alun-alun akan tetap dipantau agar berjaga jarak dan memakai masker. Kalau ada yang tidak pakai masker kita kasih masker," ujar Zaenal.

Zaenal menambahkan pihak pengurus masjid akan berkoordinasi dengan dinas terkait. Mulai TNI-Polri dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kudus.

"Kita sudah berkoordinasi dinas terkait. Terutama penggunaan alun-alun dan juga meminta backup ketika permasalahan menanganinya," kata Zaenal.

"Kita persiapan mulai malam sudah ada penutupan jalan. Termasuk PKL yang sudah ada," sambungnya.

Rencananya Bupati Kudus HM Hartopo pun akan melaksanakan salat Id di Masjid Agung Kudus. Kemudian imam salat Id adalah KH Mustain Yanis dan khatib yakni Kepala Kemenag Kudus Ahmad Mudzakir.

(ams/rih)