Round-Up

9 Fakta Mengejutkan Kasus Pemobil ABG Tabrak Polisi Pos Penyekatan Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 07:52 WIB
Sebuah mobil sedan berwarna kuning menerobos pos penyekatan pemudik 2021 di Klaten, Jawa Tengah. Berikut foto-foto penampakannya dari dekat.
Penampakan mobil VW yang terobos dan tabrak polisi di Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Seorang pengendara mobil AD (16) warga Desa Gergunung, Kecamatan Klaten Utara, Klaten tancap gas dan menabrak polisi saat hendak diperiksa di pos penyekatan pemudik jalan Yogya-Solo, Kecamatan Prambanan, Klaten. Siswa SMA yang masih di bawah umur tersebut lalu dikejar, ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka tersangka oleh Polres Klaten. Berikut fakta- fakta di balik kejadian itu:

1. Terjadi di akhir pekan
Peristiwa pengendara mobil VW beetle B 2318 STB yaitu AD (16) menabrak polisi di pos penyekatan pemudik jalan Yogya-Solo, Kecamatan Prambanan Klaten terjadi di pos penyekatan pemudik di perbatasan Jateng-DIY. Insiden terjadi pada hari Sabtu (8/5/2021) saat lalu lintas relatif ramai pada sore hari.

"Ya benar ada kejadian itu, di pos Prambanan," kata Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, Minggu (9/5).

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan mengatakan peristiwa mobil terobos pos penyekatan dan tabrak polisi itu terjadi Sabtu (8/5). "Betul itu kejadian kemarin sore, Sabtu," kata Andriansyah.

2. Ditolak masuk di pos penyekatan Yogyakarta
Sebelum menabrak polisi di pos penyekatan pemudik di Prambanan, Klaten, AD sebenarnya hendak berbuka puasa di ke Yogyakarta. Namun karena di pos penyekatan pemudik wilayah Yogyakarta diminta putar balik tidak diizinkan masuk, pelaku kembali ke Klaten.

"Alasannya mau cari buka puasa di Yogyakarta sendirian. Tapi sebelum sampai ke tujuan di perbatasan Prambanan diputar balik penyekatan di Yogyakarta," ungkap Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan, Senin (10/5).

Setelah diputar balik dari Yogyakarta, AD kemudian kembali melaju ke arah Klaten. Saat perjalanan balik tersebut ada penyekatan di Prambanan, Klaten. "Diputar balik di Yogyakarta tapi saat mau balik ada penyekatan di Klaten," terang Andriansyah.

3. Kabur menabrak polisi hingga luka
Oleh tim gabungan di pos penyekatan pemudik Prambanan, Klaten mobil yang ditumpangi AD diminta menepi untuk diperiksa. Sejak awal, ABG tersebut berupaya menyembunyikan mobilnya di balik kendaraan lain dan mencoba melarikan diri.

"Pukul 16.20 WIB kami melihat salah satu mobil (mobil pelaku) dari kejauhan sudah terlihat bersembunyi di belakang kendaraan lainnya. Seperti tidak mau dihentikan, saat dihentikan awalnya berhenti tapi masih berusaha melarikan diri," terang Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu saat konferensi pers di kantornya, Senin (10/5/2021).

Mobil berhasil diperiksa tetapi saat akan diperiksa surat kelengkapan menerobos dan menabrak polisi. Seorang anggota Polres Klaten tertabrak dan terpelanting hingga mnegalami luka ringan.

"Anggota kita tersebut di samping kanan. Walaupun bisa menghindar tetapi terserempet sehingga hanya luka ringan, luka lecet," ungkap AKBP Edy Suranta Sitepu.

Simak video 'Pemobil ABG yang Tabrak Polisi di Pos Penyekatan Jadi Tersangka:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya: AD dikejar tim gabungan ditangkap

Selanjutnya
Halaman
1 2 3