4 Hari Penyekatan di Solo, 237 Kendaraan Diputar Balik

Ari Purnomo - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 15:54 WIB
Penyekatan pemudik di Pospam Jurug, Solo, Senin (10/5/2021).
Penyekatan pemudik di Pospam Jurug, Solo, Senin (10/5/2021). Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Sebanyak 575 kendaraan pelat luar Solo dilakukan skrining selama pemberlakuan larangan mudik mulai tanggal 6 Mei 2021. Dari jumlah tersebut 237 di antaranya harus diputar balik karena tidak dilengkapi dengan surat-surat yang diperlukan.

Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, data jumlah kendaraan tersebut didapatkan mulai tanggal 6-10 Mei.

"Selama masa peniadaan mudik sampai hari ini di lima Pospam sudah ada 575 kendaraan pelat luar kota yang dilakukan skrining. 237 di antaranya diputar balik," katanya kepada wartawan ditemui di Pospam Jurug, Senin (10/5/2021).

Ade menambahkan, kendaraan yang diputar balik tersebut karena tidak ada kepentingan saat melakukan perjalanan ke Solo.

"Pengemudi juga tidak membawa surat-surat sebagai syarat keluar masuk Kota Solo. Seperti Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), surat tugas maupun surat hasil tes swab antigen," jelas Ade.

Untuk kendaraan yang diputar balik, Ade mengatakan, dari berbagai kota, seperti dari Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar) termasuk juga asal Jateng.

Ade menambahkan, penyekatan ini untuk membatasi mobilisasi masyarakat guna mencegah penyebaran virus Corona di Kota Solo. Menurutnya mudik bukan hanya antarprovinsi, tapi juga antarkota satu kabupaten dalam provinsi.

"Itu yang harus kita antisipasi maksudnya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di tengah pandemi saat ini. Jadi mobilitas masyarakat kita batasi agar tidak terjadi lonjakan positif Corona seperti tahun lalu," urainya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, bahwa penyekatan yang dilakukan sudah cukup bagus. Terbukti tingkat mobilitas masyarakat di Kota Solo juga menurun.

"Kita lihat di pos penyekatan sudah ketat semua, sampai H-3 ini trafik ya sudah berkurang sekali tidak seperti tahun sebelumnya. Saya kira warga mematuhi anjuran tidak mudik, ini sangat saya apresiasi," tuturnya.

(rih/mbr)