Datang Lebih Awal, Embun Es Selimuti Dataran Tinggi Dieng Pagi Ini

Uje Hartono - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 10:07 WIB
Embun es di Dieng, 10/5/2021
Embun es di Dieng, 10/5/2021. (Foto: Dok. Warga/Hasta Priyandono)
Banjarnegara -

Dataran tinggi Dieng kembali membeku pagi ini, Senin (10/5/2021). Embun es di Dieng pertama di tahun 2021 ini terlihat tebal di kompleks Candi Arjuna.

Salah seorang warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara Hasta Priyandono sempat mengabadikan momen membekunya lapangan komplek Candi Arjuna, pagi tadi. Bahkan, ia menyebut embun es ini terlihat tebal.

"Embun es pagi tadi lumayan tebal dan luas. Jadi di sekitaran kompleks Candi Arjuna sampai ke lapangan Pandawa," ujarnya saat dihubungi detikcom, Senin (10/5/2021) pagi.

Sayangnya, ia tidak sempat mengukur suhu udara di sekitar kompleks Candi Arjuna pagi tadi. Namun, ia menyebut, hawa dingin sudah mulai terasa sejak dua hari lalu.

"Untuk suhu berapa, tadi tidak sempat mengukur. Tetapi sudah dua hari memang udaranya terasa dingin. Tetapi dari kemarin saya ke kompleks candi tidak ada embun es. Baru tadi muncul embun es dan langsung tebal," terangnya.

Embun es di Dieng, 10/5/2021Embun es di Dieng, 10/5/2021 Foto: Dok. Warga/Hasta Priyandono

Ia menyebut, embun es di Dieng ini muncul lebih awal dibanding tahun biasanya. Embun biasanya muncul mulai Bulan Juni atau Juli.

"Ini merupakan embun es pertama di tahun ini, dan lebih cepat. Karena biasanya kan baru Bulan Juni atau Juli ini muncul. Padahal beberapa hari lalu masih hujan. Tetapi ini tahu-tahu ada embun es," kata dia.

Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Dieng Banjarnegara Sri Utami membenarkan jika embun es tahun ini muncul lebih awal. Ia mengimbau kepada wisatawan untuk membawa jaket tebal saat berkunjung ke Dieng.

"Ini muncul lebih awal. Jadi sekarang, kalau ada wisatawan yang akan naik ke Dieng jangan lupa membawa jaket tebal. Karena udara sudah tambah dingin," imbaunya.

Lihat juga Video: Sudah Beberapa Hari Fenomena Embun Es Terjadi di Dataran Tinggi Dieng

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)