Kabaharkam Polri: Masyarakat Sudah Patuhi Larangan Mudik

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 16:00 WIB
Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto di Kulon Progo, Minggu (9/5/2021).
Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto di Kulon Progo, Minggu (9/5/2021). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom
Kulon Progo -

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto menilai mayoritas masyarakat telah mematuhi aturan pemerintah tentang larangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021. Arus kendaraan selama aturan tersebut diberlakukan juga disebutnya dalam kondisi normal dan hanya didominasi kendaraan logistik.

"Itu kendaraan logistik dan petugas, secara umum arus kendaraan dalam kondisi di bawah normal, artinya apa yang jadi imbauan pemerintah terhadap larangan mudik ini dipatuhi oleh sebagian besar masyarakat, nah ini yang menjadi apresiasi kami kepada seluruh masyarakat," kata Arief usai meninjau posko PPKM Mikro di Kalurahan Triharjo, Kapanewon Wates dan posko penyekatan mudik di Temon, Kulon Progo, Minggu (9/5/2021).

Arief berharap kondisi seperti ini bisa bertahan sampai pascahari raya Idul Fitri mendatang. Sebab pandemi COVID-19 tidak boleh disepelekan dan harus menjadi perhatian seluruh masyarakat.

"Kita semua harus mewaspadai, mengantisipasi dan menjaga diri kita dan keluarga kita (dari paparan COVID-19)," ujarnya.

Dalam kesempatan ini Arief bersama jajaran Pemkab Kulon Progo, Polres Kulon Progo dan Polda DIY serta unsur terkait lainnya melakukan pengecekan di pos penyekatan dan lebaran, termasuk posko PPKM Mikro tingkat desa di Triharjo, Wates dan pos pelayanan wisata Glagah.

Dia mengatakan berdasarkan laporan dari kepala posko hingga saat ini situasi terbilang kondusif dan tidak ada kejadian menonjol.

"Alhamdulillah dari laporan kepala posko penyekatan semuanya dalam keadaan aman, tidak ada kegiatan yang menonjol, masyarakat pemudik tidak ada, hanya warga lokal," ucapnya.

Adapun dalam rangka pengamanan Idul Fitri, Polres Kulon Progo telah menerjunkan 295 personel gabungan. Mereka bertugas mengamankan jalannya operasi ketupat 2021 yang mulai diterapkan pada 6-17 Mei mendatang.

"Ratusan personel tersebut bertugas di empat pos yang didirikan saat melakukan pengawasan terhadap mobilitas warga saat periode larangan mudik diterapkan, yaitu pospam Pasar Baru Sentolo, pospam perbatasan Temon, pos pelayanan pengawasan di Glagah dan Kalibiru," ucap Kasubbag Humas Polres Kulon Progo Iptu I Nengah Jeffry secara terpisah.

Simak Video: Kapolri Wanti-wanti Pergerakan Pemudik di Malam Hari

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)