Besok Mudik Dilarang, Arus Lalin Pantura Brebes dari Jakarta Meningkat

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 18:45 WIB
Arus lalu lintas di jalur alternatif Bojongsari Losari, Brebes, Rabu (5/5/2021).
Arus lalu lintas di jalur alternatif Bojongsari Losari, Brebes, Rabu (5/5/2021). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Arus lalu lintas kendaraan di jalur Pantura Brebes, Jawa Tengah meningkat menjelang larangan mudik yang berlaku besok. Kenaikan jumlah kendaraan diperkirakan sekitar 10 persen.

"Evaluasi arus kendaraan dari arah Jakarta ke arah Semarang memang agak meningkat. Ya mungkin sekitar 10 persen lebih," ujar Kapolres Brebes, AKBP Gatot Yulianto, kepada wartawan, Rabu (5/5/2021).

Dia menjelaskan hingga saat ini belum ada penyekatan kendaraan pemudik. Penyekatan baru akan dimulai pada tengah malam nanti.

"Memang penyekatan ini kan belum mulai. Penyekatan baru mulai nanti pukul 00.00 WIB," sambungnya.

Sedangkan dari pantauan detikcom di jalur masuk ke Kabupaten Brebes melalui Desa Bojongsari Losari, sekitar pukul 15.00 WIB sore ini tampak mulai ramai dengan kendaraan pribadi. Jalur alternatif ini juga merupakan salah satu jalur masuk ke Jateng melalui Brebes.

Tidak hanya mobil pribadi, pemudik dengan motor juga ikut meramaikan jalan penghubung Bojongsari Brebes dan Ciledug, Jawa Barat ini.

Jalur Bojongsari-Ciledug ini terhubung ke beberapa kota dan kabupaten. Selepas Bojongsari, ke arah timur menuju Kersana dan Ketanggungan. Sedangkan dari Ketanggungan, pemudik yang akan ke Banyumas dan kota-kota sekitar bisa berbelok ke selatan di FO Dermoleng. Sedangkan pemudik yang akan menuju pantura dari Ketanggungan lurus ke timur menuju Kabupaten Tegal dan Kota Tegal.

Salah seorang warga Kersana, Kiki (32), menceritakan ramainya jalur itu sudah terlihat sejak tadi pagi.

"Sejak pagi mulai ramai. Saya mantau dari Kersana itu iring-iringan kendaraan plat B banyak yang melintas dari arah barat (Bojongsari). Biasanya tidak seramai ini," kata dia, sore tadi.

(sip/ams)