Ulama Ahli Tafsir KH Sya'roni Achmadi Kudus Tutup Usia

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 11:37 WIB
Ilustrasi karangan bunga
Foto: Ilustrasi karangan bunga/Foto/: Tim Infografis
Kudus -

Kabar duka datang dari Kudus, Jawa Tengah. Ulama kharismatik, KH Sya'roni Achmadi, tutup usia. Ulama ahli tafsir Al-Qur'an tersebut wafat di usia 89 tahun.

Sebelumnya KH Sya'roni sempat dirawat di RS Islam Sunan Kudus sejak kemarin, (26/4) karena sakit. Pagi tadi pukul 09.00 WIB, Selasa (27/4/2021), KH Sya'roni wafat di rumah sakit.

Kabar duka itu pun dibenarkan oleh Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma. Menurutnya, dia sudah mendapatkan kabar duka meninggalnya ulama asal kharismatik asal Kudus tersebut.

"Kita barusan mendapatkan informasi kabar duka. Kita berduka cita atas meninggalnya beliau," kata Aditya ditemui wartawan di Mapolres Kudus, Selasa (27/4/2021).

"Beliau meninggal karena sakit," sambungnya.

Aditya masih menunggu lokasi pemakaman. Dia pun mengimbau kepada peziarah untuk mendoakan jarak jauh, karena saat ini masih dalam suasana pandemi Corona.

"Untuk keamanan, kita mengimbau kepada masyarakat karena masa pandemi mendoakan dari jauh. Untuk mencegah virus Corona, mohon bisa mendoakan dari jauh. Kita akan amankan pemakaman tersebut. Kita masih menunggu dari keluarga saat ini," pungkasnya.

KH Sya'roni adalah kiai penghapal Al-Qur'an yang juga dikenal sebagai ahli tafsir Al-Qur'an dan ahli manthiq. Pendapat-pendapatnya sering dijadikaan rujukan pemikiran terutama di kalangan santri Nahdlatul Ulama (NU).

Bukan hanya mengasuh para santri, KH Sya'roni juga dikenal produktif menulis kitab. Setidaknya ada enam kitab yang ditulis oleh KH Sya'roni yang dikenal secara luas.

Tonton juga Video: Detik-detik Ulama di Makassar Jatuh Saat Isi Ceramah di Masjid

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/sip)