Berani Mudik ke Sragen Lur? Siap-siap Dikarantina di Rumah Hantu

Andika Tarmy - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 13:15 WIB
Penampakan rumah hantu tempat karantina mandiri para pemudik bandel di Sragen, Jawa Tengah
Penampakan rumah hantu tempat karantina mandiri para pemudik bandel di Sragen, Jawa Tengah (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Sragen -

Pemerintah Desa Sepat, Kecamatan Masaran, Sragen, Jawa Tengah, kembali menyiapkan rumah hantu sebagai lokasi karantina pemudik. Rumah hantu ini bakal diperuntukkan bagi pemudik yang pulang lebih awal namun tidak mematuhi aturan isolasi mandiri.

"Tahun ini kami kembali menyediakan tempat isolasi mandiri khusus untuk warga masyarakat kita yang tidak mengindahkan aturan pemerintah. Hari ini kita bersama relawan satgas Jogo Tonggo melaksanakan kerja bakti di rumah hantu yang kita siapkan untuk para pemudik," ujar Kepala Desa Sepat Mulyono, saat ditemui detikcom di lokasi rumah hantu Desa Sepat, Jumat (23/4/2021).

Mulyono menduga akan banyak pemudik bandel yang pulang lebih awal karena larangan mudik pada 6-17 Mei mendatang. Pihaknya pun mau menerima para pemudik tersebut asalkan melaksanakan karantina mandiri di rumah selama 14 hari.

"Memang larangan sudah diwacanakan pemerintah pusat, namun masyarakat juga pinter, sebelum tanggal 6 (Mei) sudah pulang. Kita mengantisipasi masyarakat kami yang pulang duluan ini," terangnya.

Mulyono menyebut para pemudik ini bakal diawasi oleh relawan dan satgas Jogo Tonggo. Jika ada yang bandel melanggar aturan dan keluyuran, satgas akan membawa pemudik tersebut untuk dikarantina di rumah hantu.

"Jika membandel tidak mau karantina mandiri, kita pindahkan ke rumah hantu untuk melanjutkan karantina mandiri di sana," tegasnya.

Para pemudik yang dikarantina di rumah hantu bakal diawasi Satgas Jogo Tonggo. Namun, pada malam harinya mereka akan ditinggalkan sendirian di tempat tersebut.

"Makan minum kita jamin. Kalau siang ada yang menunggu, tapi kalau malam ya sendirian," cetus Mulyono.

Simak video 'Mendagri Ungkap Jurus Pemerintah Larang Masyarakat Mudik':

[Gambas:Video 20detik]



Ancaman karantina di rumah hantu dinilai efektif...

Selanjutnya
Halaman
1 2