Disusun Era PB X, Kitab Ini Jadi Patokan Penanggalan hingga 2174 Masehi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 04:20 WIB
Kitab Jadwal Falakiyah karya Muhammad Amin, Selasa(20/4/2021).
Kitab Jadwal Falakiyah karya Muhammad Amin. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Sejumlah bukti menunjukkan ilmu falak atau astronomi pernah berkembang di Kota Solo, Jawa Tengah. Salah satunya melalui kitab falakiah peninggalan Muhammad Amin bin Abdul Muslim.

Kitab berbahasa Arab dengan judul Jadwal Falakiyah itu berisi data-data astronomis hingga tahun 1600 Hijriah atau 2174 Masehi. Data ini menjadi patokan untuk menghitung pergantian tahun, bulan, jadwal salat, gerhana hingga arah kiblat.

Penulisnya, Muhammad Amin, adalah seorang ahli falak yang juga pengajar di lembaga pendidikan Islam Mambaul Ulum, Solo. Sekolah formal ini didirikan Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Pakubuwono (PB) X pada 1905.

Masa kepemimpinan PB X (1893-1939) memang tidak hanya dikenal dengan pembangunan sosial-ekonomi dan pergerakan nasionalnya. PB X juga berjasa mengembangkan ilmu pengetahuan, termasuk pengetahuan Islam.

Ketua Lembaga Ta'lif wa Nasyr (LTN) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Solo, Ajie Najmuddin, mengatakan tengah menginvestarisasi kitab-kitab ulama asal Solo. Salah satunya ialah kitab Jadwal Falakiyah yang dia temukan di Ponpes As-Siroj, Panularan, Solo.

"Kitab ini ditulis oleh Muhammad Amin pada tahun 1352 Hijriah atau 1933 Masehi. Kitab dicetak di sebuah percetakan di Solo," kata Ajie saat dijumpai detikcom di Ponpes As-Siroj, Solo, Senin (19/4/2021).

Salah satu hal yang menarik dari buku tersebut ialah penulisannya dengan huruf Arab gundul. Sedangkan manuskrip Islam di Jawa banyak ditulis dengan Arab pegon atau huruf Arab yang disesuaikan dengan bahasa Jawa.

"Kemungkinan buku ini dimiliki oleh penerus Mbah Siradj sehingga berada di sini (Ponpes As-Siroj),"kata dia.

Selanjutnya: penjelasan ahli falak mengenai isi kitab...

Tonton juga Video: Pelecehan Alquran di Norwegia, KBRI Oslo Akan Hubungi Kemlu Norwegia

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2