ADVERTISEMENT

Bubur India Disajikan Lagi untuk Buka Puasa di Masjid Jami Pekojan Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 16:57 WIB
Kuliner khas berbuka puasa di Masjid Jami Pekojan Semarang, Bubur India, kembali disajikan pada Ramadhan tahun ini, Rabu (14/4/2021).
Kuliner khas berbuka puasa di Masjid Jami Pekojan Semarang, Bubur India, kembali disajikan pada Ramadhan tahun ini, Rabu (14/4/2021). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Untuk diketahui, tradisi dengan menyuguhkan takjil saat berbuka puasa dengan Bubur India sudah ada sejak lebih dari 100 tahun lalu. Kala itu pedagang dari Gujarat, India, dan Pakistan datang dan menetap di Petolongan.

Untuk memfasilitasi tempat ibadah bagi para pedagang, maka dibangun masjid yang kini menjadi Masjid Jami Pekojan. Para musafir sering berbuka di masjid yang dibangun para pedagang itu.

Kemudian saat bulan Ramadhan banyak pedagang yang membawa bubur sendiri dan lama-lama terbentuk kebiasaan berbuka dengan bubur. Takmir masjid kala itu kemudian bekerja sama dengan pedagang untuk menghidangkan bubur saat berbuka puasa. Bubur itu kemudian dikenal dengan Bubur India walau tidak ada bahan khas India.

"Nama Bubur India cuma penyebutan saja," kata Ali yang merupakan generasi keempat pembuat Bubur India itu.


(rih/sip)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT