Ratusan Petugas Bandara Kulon Progo Disuntik Vaksin Corona

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 12:47 WIB
Vaksinasi ratusan petugas Yogyakarta International Airport (YIA), Kamis (1/4/2021).
Vaksinasi petugas Yogyakarta International Airport (YIA). (Foto: dok Humas Yogyakarta International Airport/YIA)
Kulon Progo -

Sebanyak 300 petugas garda depan atau frontliner di Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo mendapat suntikan vaksin Corona atau COVID-19 dosis pertama hari ini. Kegiatan ini untuk memberikan layanan prima kepada pengguna jasa bandara di tengah pandemi COVID-19.

Vaksinasi yang diberikan kepada petugas meliputi Airport Operation Center Head (AOCH), Customer Service (CS), Aviation Security (Avsec), Airport Rescue& Fire Fighting (ARFF), Aviobridge Operator, Airport Operation Landside & Terminal (AOLT), hingga Airport Technical itu dilakukan pada Rabu (31/3/2021) di YIA.

"300 personel bandara yang divaksin dalam tahap pertama ini adalah mereka yang selalu berhadapan langsung dengan pengunjung dan calon penumpang," kata Pts General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, saat dimintai konfirmasi wartawan di YIA, Kamis (1/4/2021).

Pandu mengatakan kegiatan yang bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinas Kesehatan Kulon Progo ini, selain bertujuan untuk melindungi personel bandara saat bertugas, juga sebagai bentuk komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara YIA dalam memberikan layanan prima kepada pengguna jasa bandara di tengah situasi pandemi.

"Bandara merupakan salah satu pintu masuk utama dan juga sebagai etalase pergerakan masyarakat dan barang, sehingga kami berupaya memastikan pengguna jasa bandara untuk terbang melalui YIA ini dengan perasaan aman dan nyaman," ujarnya.

Pandu mengatakan vaksin dosis kedua untuk 300 petugas itu akan diberikan dua pekan lagi. Sembari itu, pihaknya mengusahakan agar seluruh karyawan dan komunitas bandara yang melingkupi air line, ground support, mitra juga bisa mendapatkan vaksinasi Corona.

"Kebutuhan kami kan ada komunitas bandara yang meliputi, air line, ground support, mitra dan karyawan kami sendiri dengan total jumlahnya 1.450. Nah Ini sedang diajukan ke Dinkes DIY, insyallah kalau sudah tersedia akan dilaksanakan lagi vaksinasi untuk seluruh karyawan dan komunitas bandara itu," ujarnya.

Simak juga video 'Pfizer Umumkan Vaksinnya Aman dan Efektif pada Anak Usia 12 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)