Hujan Abu Gunung Merapi Guyur 3 Kecamatan di Magelang

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 10:45 WIB
Awan panas Gunung Merapi, 30-3-2021 pagi
Awan panas Gunung Merapi, Selasa (30/3/2021) pagi. (Foto: dok BPPTKG)
Kabupaten Magelang -

Hujan abu Gunung Merapi mengguyur tiga kecamatan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pagi ini. Tiga kecamatan itu yakni Kecamatan Dukun, Sawangan, dan Srumbung.

Dari data tertulis yang disampaikan Plt Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto berdasarkan laporan masyarakat, Selasa (30/3/2021), hujan abu tipis di Kecamatan Dukun terjadi di Desa Sewukan, Paten, Mangonsoka, Krinjing, dan Ketunggeng.

Selanjutnya hujan abu di Kecamatan Srumbung terjadi di Desa Srumbung, Kradenan, dan Bringin. Lalu ujan abu di Kecamatan Sawangan terjadi di Desa Krogowanan.

"Berdasarkan informasi dari masyarakat yang masuk di Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang, dampak dari Awan panas guguran Merapi tersebut terjadi hujan abu tipis," kata Edy.

Hujan abu tersebut, kata Edy, tidak berdampak signifikan pada aktivitas masyarakat di Kabupaten Magelang.

"Tidak ada dampak hujan abu yang signifikan di Kabupaten Magelang. Warga masyarakat tetap melakukan kegiatan aktivitas seperti biasa. Kemudian hujan abu yang turun berangsur reda," tuturnya.

Edy mengimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah kawasan rawan bencana (KRB) III untuk tetap memantau informasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) terkait perkembangan aktivitas Gunung Merapi.

Diberitakan sebelumnya, Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyampaikan Gunung Merapi erupsi dengan meluncurkan awan panas pada pukul 07.06 WIB pagi tadi.

Hanik menjelaskan awan panas Gunung Merapi tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 milimeter dan durasi 135 detik.

"Jarak luncur kurang lebih 1.500 meter ke arah barat daya dan angin bertiup ke utara," ungkapnya kepada wartawan dalam keterangan tertulis, pagi tadi.

Lihat juga video 'Dalam 7 Jam, Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas 7 Kali':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)