Yogyakarta Mulai Siapkan Kuliah Tatap Muka

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 17:00 WIB
Tugu Pal Putih Yogyakarta, Selasa (2/3/2021).
Suasana kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

Pada sisi lain dia tidak ingin pembukaan kuliah tatap muka ini meningkatkan kasus COVID-19 di Yogyakarta. Menurutnya, pihak kampus harus betul-betul mempersiapkan metode kuliah tatap muka, protokol kesehatan hingga sarana prasarana serta berkoordinasi dengan warga sekitar kampus maupun stakeholder.

"Ini semua untuk menjaga penularan COVID-19 akibat kebijakan ini. Saya sangat yakin kampus mampu melakukan itu semua karena mereka adalah para akademisi yang berpendidikan. Meskipun demikian kami akan tetap memantau pelaksanaan protokol kesehatan di kampus-kampus," ucapnya.

Selain itu, Pemda DIY juga dinilai perlu mendukung dengan memprioritaskan vaksinasi untuk civitas akademika yang terlibat. Huda menyebut para dosen, karyawan dan civitas akademika perlu didahulukan program vaksinasinya karena mereka akan berhadapan dengan mahasiswa dari berbagai daerah.

"Karena tidak sedikit pula dosen yang lanjut usia sehingga berisiko tinggi. Pemda sebaiknya segera berkoordinasi untuk vaksinasi kampus ini, agar bisa segera terlaksana dan masuknya mahasiswa tidak menimbulkan klaster penularan baru," ucapnya.

Halaman

(sip/sip)