Gadaikan Mobil Rental, Seorang Polisi di Banyumas Jadi Tersangka

Arbi Anugrah - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 16:01 WIB
Ilustrasi Garis Polisi
Foto: Ilustrasi (Ari Saputra)
Banyumas -

Seorang polisi di Kabupaten Banyumas, inisial EHS (37), menjadi tersangka kasus penipuan dan penggelapan (tipu gelap) setelah menggadaikan mobil rental milik anggota polisi lainnya. Modus tersangka adalah menyewa mobil dengan alasan untuk kondangan.

"Pada tanggal 10 Maret 2021, tersangka datang ke rumah korban S untuk menyewa mobil dengan alasan untuk kondangan selama dua hari. Tapi setelah dua hari berselang mobil tersebut tidak kunjung dikembalikan," kata Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Berry kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

"(Tersangka) Masih status anggota (polisi)," lanjutnya.

Menurut Berry, korban yang juga anggota polisi sempat menghubungi tersangka dan menanyakan apakah akan memperpanjang masa sewa mobil.

"Akan tetapi setelah dua hari mobil tersebut tidak dikembalikan, korban menelepon tersangka dan dijawab nambah hari. Namun sampai hari yang dijanjikan, tersangka tidak kunjung mengembalikan," jelasnya.

Setelah itu, lanjut dia, korban sempat diberitahu rekannya jika mobil Toyota Avanza dengan nomor polisi B 1524 PGY yang dirental oleh EHS ternyata telah digadaikan di wilayah Kabupaten Kebumen.

"Korban kemudian langsung melaporkan kejadian itu kepada polisi," ucapnya.

Setelah menerima laporan, polisi langsung menahan tersangka. Polisi juga mengamankan barang bukti satu unit mobil yang digadaikan tersangka.

Berry menambahkan, modus yang dilakukan tersangka adalah dengan cara merental mobil dengan alasan menghadiri hajatan. Akan tetapi mobil malah digadaikan.

Atas perbuatannya, tersangka diancam dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan juncto Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan, dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

(rih/mbr)