Lima Pedagang Kena Corona, Pasar Jambangan Karanganyar Ditutup

Andika Tarmy - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 17:21 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Karanganyar - Pasar Jambangan, Mojogedang, Karanganyar, ditutup selama dua hari, 8-9 Maret. Penutupan ini sebagai buntut ditemukannya lima pedagang yang terkonfirmasi positif terpapar virus Corona atau COVID-19.

"Benar Pasar Jambangan ditutup, hari Senin dan Selasa besok. Karena ada lima pedagangnya yang positif COVID-19," ujar Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM (Disdagnakerkop dan UMKM) Kabupaten Karanganyar, Martadi, saat dihubungi detikcom, Minggu (7/3/2021).

Martadi menyebut, penutupan ini dilakukan agar petugas dapat fokus melakukan tracing kasus-kasus positif. Selain itu, pasar juga akan dilakukan sterilisasi untuk mencegah penularan lebih lanjut.

"Iya, (ditutup) untuk tracing dan sterilisasi. Kalau jumlah total pedagang pasar tersebut ada sekitar 400 pedagang," terangnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Puskesmas Mojogedang, Kristuti Catur membenarkan temuan kasus Corona ini. Menurutnya, kelima pedagang tersebut menjalani perawatan di rumah sakit.

"Lima orang tersebut menjalani perawatan karena muncul gejala," kata dia.

Kristuti melanjutkan, pihaknya telah melakukan tracing terkait temuan kasus pedagang Pasar Jambangan yang positif virus Corona ini. Dari hasil tracing ini, tak kurang dari 51 orang telah dilakukan tes swab.

"Kami dari Puskesmas sudah melakukan tracing sejak 10 hari yang lalu. Termasuk untuk pendataan pedagang yang sekiranya kontak erat. Pedagang terdata lalu kami swab. Sebagian kecil yang kontak erat positif sudah kami swab. Kontak erat kemarin itu 51 orang," terangnya.

Simak juga Video: Ratusan Pedagang Pasar di Bandung Ikuti Vaksinasi

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)