Anak Histeris Saat Rekonstruksi Pembunuhan 4 Orang Sekeluarga di Rembang

Arif Syaefudin - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 16:03 WIB
Rekonstruksi pembunuhan empat orang sekeluarga di Rembang, Kamis (4/3/2021).
Rekonstruksi pembunuhan empat orang sekeluarga di Rembang. (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang -

Kasus pembunuhan 4 orang sekeluarga pemilik Padepokan Seni Ongko Joyo Rembang, Jawa Tengah (Jateng) direkonstruksi hari ini. Keluarga dan kerabat korban yang ikut menyaksikan kegiatan tersebut menangis histeris.

Pantauan di lokasi kejadian, tangis histeris keluarga yang menyaksikan dari luar garis polisi, terkadang pecah saat tersangka Sumani (44) memperagakan berbagai adegan pembunuhan. Sesekali, makian umpatan keluar dari keluarga korban saat Sumani menampakkan diri.

"Titenono, kowe ora dihukum mati, keluargamu mati kabeh, Gusti ora sare. Utang nyowo, balik nyowo. (Ingat, jika kamu tidak dihukum mati, keluargamu yang akan mati semua, Tuhan tidak tidur. Utang nyawa, balik nyawa)," kata seorang anak korban Anom Subekti, Danang, di lokasi kejadian, Kamis (4/3/2021).

Danang juga merupakan ayah dari korban Galuh Lintang Laras Kinanti (10). Ia mengungkapkan kekesalannya kepada Sumani yang tega membunuh anggota keluarganya secara sadis.

"Olehku ngopeni anak ket cilik, mung trimo mbok kepruk. Pitong turunan uripmu ra bakal mulyo. (Aku menghidupi anakku sejak kecil, mati dipukul kamu. Tujuh turunan, hidupmu tidak akan mulia)," teriak Danang.

Kapolres Rembang AKBP Kurniawan Tandi Rongre mengungkap ada puluhan adegan yang diperagakan oleh tersangka dalam rekonstruksi kali ini. Mulai dari kedatangannya bersama dengan para saksi saat bertamu, hingga ia meninggalkan lokasi kejadian.

"Untuk rekonstruksi ini ada 53 adegan rekonstruksi, yang mana tadi diawali dari kedatangan saksi-saksi sampai dengan pelaku aksi pembunuhan dan pelaku meninggalkan TKP," jelas Kurniawan kepada wartawan usai rekonstruksi.

Diberitakan sebelumnya, polisi menetapkan Sumani warga Kecamatan Sulang, Rembang, sebagai tersangka tunggal dalam pembunuhan tersebut.

Pembunuhan ini menewaskan dalang Ki Anom Subekti (60), Tripurwati (50), Alfitri Saidantina (13), Galuh Lintang Laras Kinanti (10). Keempat korban, ditemukan dalam kondisi tewas di ruang kamar masing-masing di Padepokan Seni Ongko Joyo, Desa Turusgede, Kecamatan Kota Rembang, Kamis (4/2) lalu.

Simak Video: Tersangka Pembunuhan 4 Orang Sekeluarga Akui Aksinya, Ini Motifnya

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)