Selain Kudus Jenglot Pernah Bikin Geger di Sragen-Brebes, Begini Ceritanya

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 08:28 WIB
penemuan jenglot di makam buyut Akasah Kudus, 28/2/2021
Penampakan jenglot yang ditemukan di Kudus. (Foto: istimewa/juru kunci makam Ki Buyut Akasah, Kudus)
Kudus -

Sesosok jenglot ditemukan makam keramat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah beberapa hari lalu. Ternyata jauh sebelumnya di Jateng sudah ada sosok-sosok jenglot yang tak kalah membuat gempar yakni di Sragen dan Brebes. Seperti apa ceritanya?

Penemuan jenglot terbaru ditemukan di Kudus pada Sabtu (27/2). Jenglot tersebut ditemukan di kawasan makam Buyut Akasah Desa Burikan Kecamatan Kota.

"Iya kemarin Sabtu tanggal 27 Februari 2021 ditemukan jenglot di makam punden Mbah Buyut Akasah Desa Burikan. Baru pertama ini (penemuan jenglot)," kata Juru kunci punden Mbah Buyut Akasah, Mamik Junaidi atau Mbah Mamik saat dihubungi detikcom, Minggu (28/2).

Mbah Mamik mengatakan jenglot yang ditemukan di makam tersebut memiliki panjang sampai 20 sentimeter, bertaring, dan diduga berjenis kelamin laki-laki. Menurutnya setelah ditemukan, jenglot itu dibungkus dengan kain kafan dan sudah dibacakan tahlil. Kini jenglot itu disimpan oleh pihak Yayasan Makam, Masjid, dan Menara Sunan Kudus.

Jauh sebelum di Kudus, tepatnya pada Juli 2020 lalu di Sragen ada penemuan dua benda yang wujudnya mirip jenglot. Jenglot itu ditemukan warga saat mancing di Embung Bontit, Sragen.

"Lokasi embung memang angker, di tengahnya ada semacam gundukan sama warga dinamai Gunung Wijil," ujar Kepala Desa Pare Kecamatan Mondokan Samdani, kepada detikcom, Senin (6/7/2020) lalu.

Dia menjelaskan dua jenglot yang ditemukan dalam kondisi terpisah. Jenglot pertama ditemukan di Embung Bontit bagian utara. Sedangkan jenglot kedua ditemukan jarak 10 meter dari lokasi pertama pada keesokan harinya.

"Nggak tahu itu jenglot beneran atau nggak, tapi dilihat fisiknya memang jenglot. Setelah ramai di medsos, ratusan orang berdatangan melihat," ucap Samdani.

Dari foto yang dikirim, jenglot pertama tampak tingginya sekitar 10 sentimeter dengan bentukan bagian bawahnya melilit. Sosok jenglot berwarna gelap mirip mumi serta memiliki kuku dan taring panjang berwarna putih.

Sedangkan jenglot kedua, tampak berambut panjang, memiliki dua kaki panjang dan bertaring panjang warna putih.

Selanjutnya tentang sosok jenglot yang dipakai pasutri di Brebes untuk melecehkan gadis remaja...

Simak video 'Penemuan 2 Jenglot Gegerkan Warga Sragen':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2