Catat! Janji Wali Kota Gibran: Proyek Pasar Legi Solo Selesai September

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 21:11 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengecek proyek Pasar Legi, Jumat (26/2/2021).
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengecek proyek Pasar Legi, Jumat (26/2/2021). (Foto: dok. Istimewa/Tim Gibran)
Solo - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengecek proyek Pasar Legi pada hari pertama dirinya dilantik. Dia dijanjikan oleh pihak kontraktor dapat menyelesaikan proyek bangunan pasar dua bulan lebih awal, yakni September 2021.

Ditemani Kepala Dinas Perdagangan Solo, Heru Sunardi, Gibran mendapatkan penjelasan dari PT PP Urban selaku kontraktor. Dikatakan bahwa sebenarnya kontrak proyek selesai pada November 2021.

"Kontraknya November selesai, tapi kami targetkan maju dua bulan. Jadi September bisa selesai," kata perwakilan PP Urban, Dory, kepada Gibran saat meninjau proyek rehabilitasi Pasar Legi, Jumat (26/2/2021).

Seperti diketahui, Pasar Legi yang ludes terbakar pada 2016 telah diratakan dengan tanah dan didirikan bangunan yang baru. Sementara ini, pedagang berjualan di pasar darurat di sekitar lokasi Pasar Legi.

Pasar Legi dibangun sebanyak empat blok, yakni A, B, C dan D. Progres pembangunan secara akumulatif telah berjalan sekitar 20 persen.

"Progres deviasi pekan ini +4,77 persen. Pembangunan di sini ada empat blok. Blok A hampir 100 persen selesai (tahap struktur), Blok B 80 persen, Blok C-D sudah tahap pengecoran," ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan Solo Heru Sunardi menambahkan bahwa seluruh blok masih dalam pembangunan struktur. Hanya Blok A yang strukturnya telah selesai.

"Nanti dua minggu lagi Pak Wali akan mengecek lagi. Nanti akan melihat Blok A kerangkanya mau dipasang, atap-atapnya," ujar Heru.

Sementara itu, Gibran mengingatkan agar pembangunan blok-blok telah disesuaikan dengan jumlah pedagang. Dia tidak ingin ada pedagang yang tidak mendapatkan lapak untuk berjualan.

"Pokoknya semuanya harus masuk sesuai zonanya, di sini tercatat ada 300 kios dan 1.932 los," kata Gibran menegaskan. (rih/mbr)