Terpopuler Sepekan di Jateng

Heboh Dentuman Misterius di Solo, Ternyata Suara TNT

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 12:37 WIB
Akses masuk Jalan Tentara Pelajar, kompleks Lanud Adi Soemarmo.
Akses masuk Jalan Tentara Pelajar, kompleks Lanud Adi Soemarmo (Foto: Dok. Lanud Adi Soemarmo)
Solo -

Suara dentuman misterius membuat heboh warga di sebagian wilayah sekitar Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) awal pekan ini. Ternyata suara tersebut bersumber dari bom trinitrotoluene atau yang biasa disebut TNT.

Dentuman terdengar mulai dari kawasan Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, hingga Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Suara dentuman itu terdengar pada Senin (1/2) antara pukul 16.30-17.15 WIB.

Menurut kesaksian warga, mereka mendengar suara itu dalam waktu berbeda.Seorang warga Colomadu, Bagus, mengaku mendengar suara dentuman dua kali. Namun dia tidak mengetahui dari mana sumber suara itu.

"Tadi dengar dua kali, saya kira suara ledakan travo," kata Bagus saat dihubungi detikcom, Senin (1/2/2021) lalu.

Warga Kartasura, Ragil, mengatakan mendengar suara dentuman satu kali. Dia pun mengaku tak mencari tahu asal suara dentuman itu.

"Dari kos terdengar satu kali. Tidak tahu suara apa," katanya.

detikcom lalu menghubungi Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Adi Soemarmo untuk meminta konfirmasi terkait suara dentuman tersebut. Untuk diketahui, Lanud Adi Soemarmo berada di dekat tiga kawasan di atas.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adi Soemarmo, Kapten Sus Bambang Supriyatno, membenarkan adanya kegiatan di Lanud Adi Soemarmo. Bambang membenarkan ada ledakan bom TNT di wilayahnya.

Namun bom tersebut memang sengaja diledakan untuk kegiatan orientasi siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa). Dia memastikan TNT diledakkan dalam situasi aman dan tidak membahayakan masyarakat.

"Betul kami ada kegiatan orientasi siswa Setukpa di Skadik 401. Tadi memang pakai TNT," kata Bambang saat dihubungi detikcom, Senin (1/2).

Kegiatan itu merupakan lanjutan dari pembukaan Setukpa pada Sabtu (30/1) lalu. Acara pembukaan juga menggunakan ledakan TNT sebanyak satu kali.

"Sabtu kemarin pakai TNT juga, satu kali. Kalau ini tadi memang beberapa kali. Kami pastikan aman," pungkasnya.

(bai/ams)