Viral Emak-emak Curi Ponsel di Masjid Terekam CCTV

Robby Bernardi - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 14:46 WIB
Emak-emak curi ponsel terekam CCTV di Pemalang.
Emak-emak curi ponsel terekam CCTV di Pemalang. Foto: Tangkapan layar video viral di medsos
Pemalang -

Viral aksi emak-emak curi ponsel di masjid. Aksi emak-emak itu terekam kamera CCTV dan videonya beredar di media sosial.

Dalam video berdurasi 51 detik yang viral, peristiwa ini bermula seorang wanita masuk masjid dan meletakkan tasnya di dekat salah satu pilar masjid. Tidak jauh dari lokasi tas yang diletakkan oleh korban, tampak juga seorang emak-emak. Pelaku emak-emak ini tampak memegang ponsel seperti tengah menelepon seseorang. Tidak berapa lama, emak-emak ini kemudian mendekati tas korban dan merogoh isinya.

Detik-detik pelaku mengambil ponsel milik korban terekam jelas kamera CCTV. Sembari tampak sibuk menelepon, pelaku merogoh-rogoh tas yang ditinggalkan begitu saja oleh korban dan mengambil sebuah ponsel dari dalam tas milik korban. Pelaku lantas berdiri dan memasukkan ponsel hasil curian ke saku celana. Pelaku kemudian mengambil tas miliknya dan langsung pergi meninggalkan lokasi.

Dari penelusuran detikcom, peristiwa emak-emak mencuri ponsel ini terjadi di Masjid Pasar Baru di Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Minggu (31/1) kemarin. Video rekaman CCTV itu diunggah di media sosial dan viral.

Dalam postingan itu dicantumkan nomor ponsel. detikcom kemudian menghubungi nomor tersebut dan terhubung dengan Muhammad Yunib. Menurut Yunib, korban bernama Putri (21) yang bekerja di toko busana milik ayahnya.

"Mengetahui ponselnya hilang, ia (korban), menangis histeris. Kondisinya sampai sekarang masih syok," kata Yunib, saat dihubungi, Senin (1/2/2021).

Saat kejadian, menurutnya, korban tengah beristirahat dan berniat akan salat zuhur di Masjid Pasar Baru.

Yunib sengaja mencantumkan nomor ponselnya agar pelaku ada inisiatif baik untuk mengembalikan ponsel milik korban. Jika tidak, ia bersama korban berencana akan melapor ke pihak berwajib terkait pencurian yang terekam kamera CCTV tersebut.

"Korbannya belum bisa ditelepon. Tapi saya sudah nanya-nanya soal kejadian itu," jelasnya.

"Ini sampai siang kita tunggu niatan baik dari pelaku untuk mengembalikan ponsel milik Putri," imbuhnya.

Terpisah, Kapolsek Pemalang AKP Kabul Santoso mengatakan, pihaknya belum menerima laporan terkait pencurian di Masjid Pasar Baru tersebut.

"Belum ada laporan, namun berdasarkan video tersebut kami akan terjunkan tim untuk menyelidiki pencurian tersebut," kata Kabul saat dihubungi.

"Saya imbau, siapapun untuk senantiasa berhati-hati saat meletakkan barang berharga di manapun berada, agar peristiwa ini tidak terjadi lagi," lanjutnya.

(rih/mbr)