Polisi Temukan Borgol-Foto Korban di TKP Penembakan Mobil Bos Tekstil Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 17:02 WIB
Solo - Temuan baru terungkap di kasus aksi koboi Lukas Jayadi (72) yang menembaki mobil bos pabrik tekstil di Solo, Indriati. Polisi menemukan borgol, rantai, dan foto-foto korban di tempat kejadian perkara (TKP) penembakan.

Kasat Reskrim Polresta Solo, Kompol Purbo Adjar Waskito, mengatakan foto-foto korban ditemukan ditempel di sejumlah titik. Antara lain ditempel di tembok dan meja.

"Kita temukan borgol, rantai, foto-foto ditempel di dinding dan meja di dalam bangunan TKP penembakan ini," kata Purbo usai rekonstruksi kasus penembakan, Jalan Monginsidi, Banjarsari, Solo, Kamis (28/1/2021).

Namun, Purbo mengaku masih belum mengetahui apakah barang-barang tersebut berkaitan dengan kasus penembakan mobil bos tekstil itu. Sebelumnya, pihak korban mengatakan foto korban itu digunakan sebagai sasaran tembak Lukas.

"Kami belum tahu ada kaitannya nggak dengan kasus ini. Belum tahu untuk sasaran tembak atau apa, akan kita dalami. Sekarang kami masih fokus ke peristiwanya," ujar dia.

Adapun dalam rekonstruksi hari ini ada dua versi yang diperagakan, yakni berdasarkan keterangan tersangka dan keterangan saksi. Ada 26 adegan versi Lukas dan 13 adegan versi saksi.

Rekonstruksi berawal dengan adegan Lukas bersama istri meminta tumpangan korban di kawasan Kepunton. Rekonstruksi berakhir dengan adegan keluarnya tersangka dari tempat kejadian perkara (TKP) penembakan, Jalan Monginsidi, Banjarsari, Solo.

"Rekonstruksi ini kita memperagakan dua versi, dari yang dijelaskan tersangka dan versi saksi. Karena ada keterangan yang saling bertolak belakang," kata Purbo.

Perbedaan mencolok antara keterangan tersangka dan saksi antara lain saat terjadinya penembakan. Tersangka mengaku akan ditabrak sehingga terpaksa melepaskan tembakan.

"Dari rekonstruksi tadi terlihat memang mobil mengarah ke tersangka tapi tidak menabrak. Ini nanti kita simpulkan lagi dan masukkan ke berkas acara tambahan," ujar dia. (ams/sip)