Dusun di Pekalongan Ini Terpisah dari Daratan Gegara Abrasi Parah

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 16:07 WIB
Foto udara Dusun Simonet, Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, yang terpisah dengan daratan gegara abrasi, Selasa (26/1/2021).
Foto udara Dusun Simonet, Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, yang terpisah dengan daratan gegara abrasi, Selasa (26/1/2021). Foto: Robby Bernardi/detikcom

Sementara itu, Camat Wonokerto, Esy Pusiana, menjelaskan nama Dusun Simonet sebetulnya bernama Dukuh Kampit. Menurutnya, warga di Dusun Simonet akan direlokasi jika mendapatkan lampu hijau dari Kementerian PUPR.

"Ini pulaunya, Pulau Simonet, berada di sisi utara tanggul. Sudah siap untuk direlokasi. Di daerah yang sama (Desa Semut), tapi letaknya di selatan tanggul," jelas Esy Pusiana di lokasi yang sama.

"Lahan satu hektare sudah disiapkan untuk relokasi warga. Sebagian sudah diuruk. Itu tanah aset desa yang diserahkan ke Pemkab. Lokasinya berada di sisi selatan tanggul," imbuhnya.

Dusun Simonet, Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, yang terpisah dengan daratan gegara abrasi, Selasa (26/1/2021).Dusun Simonet, Desa Semut, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, yang terpisah dengan daratan gegara abrasi, Selasa (26/1/2021). Foto: Robby Bernardi/detikcom

Rencana relokasi sudah disampaikan ke Kementerian PUPR sejak bulan Mei 2020. Jika disetujui, maka akan dibangun rumah sejumlah KK di lahan relokasi.

"Tahun ini, mudah-mudahan terealisasi. Untuk jumlah rumah, pemerintah membangun sesuai KK, sekitar 70-an," ujarnya.

"Realisasi kita menunggu Kementerian PUPR. Persiapan warga sudah siap secara mental maupun finansial," imbuhya.

Sementara itu, Dandim 0710 Pekalongan, Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan, saat melakukan baksos kepada warga terdampak abrasi mengatakan Dusun Simonet memang sudah tidak layak untuk ditempati. Pihaknya pun siap membantu mengerahkan anggotanya saat relokasi warga.

"Untuk Dukuh Simonet ini sudah tidak laik lagi ditempati, rencana pemkab Pekalongan mau relokasi ke Desa Semut, kita siap membantu dan mendukung pelaksanaan relokasi," jelasnya.

Halaman

(rih/mbr)