Jateng Kembali Terima 248.600 Vaksin Sinovac, Siap Dikirim ke 12 Daerah Ini

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 06:27 WIB
Jawa tengah kembali mendapatkan dosis vaksin Sinovac sebanyak 248.600 vial, Minggu (24/1/2021).
Jawa tengah kembali mendapatkan dosis vaksin Sinovac sebanyak 248.600 vial, Minggu (24/1/2021). (Foto: dok Dinas Kesehatan Jateng)
Semarang -

Jawa tengah kembali mendapatkan dosis vaksin Sinovac sebanyak 248.600 vial. Jumlah vaksin virus Corona atau COVID-19 tersebut nantinya akan diberikan kepada tenaga medis di 12 daerah di Jateng.

"Sore tadi baru dilaporkan ke saya, jadi Jateng itu dapat 248.600 vial dan ini diangkut dengan 4 mobil vaksin dan sudah masuk ke kita lalu kita sudah langsung menyiapkan proses distribusinya," kata Gubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo, di rumah dinasnnya, Sabtu (24/1/2021) malam.

Ganjar mengatakan vaksin tersebut tiba di gudang farmasi Dinkes Jateng hari Jumat (23/1). Sedangkan beberapa daerah di antaranya Karanganyar dan Batang sudah mengambil vaksin tersebut.

"Alhamdulillah pada pagi tadi langsung kita siapkan untuk penyerahan (vaksin Sinovac), dan sampai dengan saat siang tadi informasi terakhir Karanganyar, Salatiga, Batang, Grobogan, Kudus, Boyolali, Pati, Kendal, Jepara, Klaten, Demak dan Wonogiri sudah ngambil," imbuhnya.

Plh Sekda Jateng Prasetyo Aribowo, lanjut Ganjar, sudah menyurati 12 kepala daerah di atas. Dia berharap vaksinasi bisa dilaksanakan pada Senin (25/1).

"Nah kita mau harapannya Senin besok Bupati forkopimda sudah menjadi contoh seperti di provinsi dan pusat untuk mereka disuntik vaksinasi, langsung diikuti seluruh Nakes. Sehingga harapannya percepatan kita terlaksana, itu untuk tahap pertama mereka," tegasnya.

Selain untuk 12 daerah itu, Ganjar mengatakan ada persiapan penyuntikan dosis kedua vaksin Sinovac untuk tiga daerah yang mendapat vaksin pertama yaitu Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo.

"Tahap keduanya kita yang ini sudah siap karena dosisnya kan sudah siap ya yang kemarin rombongan pertama dan yang rombongan pertama itu nanti akan disuntik lagi tanggal 28. Jadi insyaallah kita siap," katanya.

(alg/sip)