Round-Up

Mengaku Dapat Bisikan, Wawan Gali Lubang Lalu Kubur Diri Hidup-hidup

Imam Suripto - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 09:25 WIB
aksi kubur diri pemuda di tegal
Dasrim saat membujuk Wawan agar mengurugkan niatnya. (Foto: Tangkapan layar video viral)
Kota Tegal -

Wawan Febriyanto (23) warga Desa Kepandean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal melakukan aksi kubur diri di komplek pemakaman keluarga Di Kelurahan Denong Kidul Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal. Dia mengaku mendapat bisikan gaib.

Tindakan nekat ini sempat viral di membuat geger warga karena lokasi kubur diri ini dilakukan di pemakaman Debong Kidul, yang berdekatan dengan pasar Kimpling, Kota Tegal. Video aksi kubur diri ini juga sempat viral di medsos.

Babinsa Kelurahan Debong Kidul, Sertu Dasrim mengatakan, aksi itu terjadi Rabu (30/12/2020) pagi. "Kondisi badan Wawan saat itu sudah masuk ke tanah sekira 70 cm hanya tampak kepala dan setengah badannya saja dengan posisi wajah menghadap ke dalam tanah. Sementara di sisi kanan dan kirinya terdapat makam," kata Sertu Dasrim.

Dalam kondisi setengah terkubur, Wawan masih bisa diajak komunikasi. Dasrim sengaja memberi salam dan membujuk Wawan agar mengurungkan niatnya. "Pelaku kubur diri saya dekati ternyata mau diajak komunikasi. Saya kasih salam juga mau menjawab, saya tanya nama juga pelaku mau jawab," lanjut Dasrim .

Saat ditanya, pemuda tersebut beralasan menggali makam karena mendapat bisikan dan ingin kembali ke alamnya. Dia mengaku sudah meninggal dan dihidupkan kembali oleh Tuhan. "Aku pan balik maring alame aku (aku mau pulang ke alam saya)," ujar Dasrim menirukan ucapan Wawan.

Tarsumi (47) seorang pemilik warung ayam potong tidak jauh dari lokasi makam menyebut, sebelum melakukan tindakan aneh, pelaku sempat duduk di sebuah warung miliknya. Pelaku sempat mengutarakan bahwa dirinya pernah meninggal tapi dihidupkan lagi sama Tuhan. Makanya dirinya ingin kembali lagi ke alamnya.

"Dia malah pergi ke makam terus nggali tanah sendiri pakai tangan. Nggalinya cepet, tidak sampai setengah jam dalamnya sudah sekitar 70 centimer, terus langsung berbaring di situ kaya orang dikubur," terangnya.

Selanjutnya: penjelasan orang tua Wawan