Puncak Mudik Tahun Baru

40 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Jateng Via Tol Besok

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 16:01 WIB
Suasana ruas tol Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR), Brebes, Rabu (30/12/2020).
Suasana ruas tol Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR), Brebes, Rabu (30/12/2020). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Arus kendaraan yang masuk Jawa Tengah jelang libur Tahun Baru 2021 mengalami peningkatan. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Kamis (31/12) besok dan diprediksi ada 38-40 ribu kendaraan masuk Jateng via tol.

Kepala Cabang Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR), Ian Dwinanto, mengatakan jumlah kendaraan yang masuk Jawa Tengah melalui tol pada hari ini meningkat dibanding Selasa (29/12) kemarin.

"Hari ini sudah meningkat jumlahnya. Kemarin Selasa jumlah kendaraan yang masuk Jateng ada 25 ribu kendaraan. Hari ini tercatat sudah 30 ribu kendaraan," kata Ian Dwinanto kepada detikcom, Rabu (30/12/2020).

Pada puncak arus mudik tahun baru, lanjutnya, diperkirakan akan ada 38-40 ribu kendaraan yang masuk Jateng via tol. Namun jumlah pemudik tahun baru kali ini tidak sebanyak saat libur Natal kemarin.

"Puncak mudik besok Kamis. Diperkirakan 38 sampai 40 ribu kendaraan yang masuk Jawa Tengah," ujarnya

Ian memaparkan, dari catatan mudik Natal kemarin, masih ada 40 ribu kendaraan yang masuk Jateng dan belum balik ke Jakarta. Jumlah seluruh kendaraan pemudik Natal yang masuk tol setelah dikurangi jumlah arus balik, masih ada selisih 40 ribu.

"Saat ini masih ada sekitar 40 ribu kendaraan yang belum balik Jakarta setelah libur Natal. Mereka masih libur sampai tahun baru di kampung halaman. Jadi jumlah mudik tahun baru memang tidak sebanyak arus mudik Natal," terang Ian.

Prediksi serupa disampaikan Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Nur Cholifa. Arus kendaraan mudik tahun baru akan mulai masuk Jateng pada Rabu sore ini.

"Karena mulai besok kantor sudah mulai libur jadi diperkirakan arus mulai meningkat (Rabu) sore ini," kata Putri saat meninjau kondisi lalu lintas di kawasan Pantura, Brebes.

(rih/sip)