Corona di Yogya Lagi-lagi Pecah Rekor, Sultan: Perketat Desa-desa!

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 13:36 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta. Foto diambil Jumat (6/11/2020).
Sri Sultan HB X. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Sleman -

Jumlah kasus baru positif virus Corona atau COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencapai 189 kasus dan menjadi rekor baru, kemarin. Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta protokol kesehatan di desa-desa diperketat.

"Ya memang (jumlah kasus baru COVID-19 di DIY naik), kami kan sudah keluarkan keputusan untuk diperketat di desa-desa," kata Sultan saat ditemui wartawan di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Jumat (4/12/2020).

"Karena apa yang terjadi, dari data-data yang masuk setiap hari bagi saya ini tidak hanya masalah pergi, tapi komunikasi sudah sesama tetangga," lanjut Sultan.

Oleh karena itu, Sultan meminta pemerintah desa betul-betul memastikan warganya menerapkan protokol kesehatan. Semua itu, kata Sultan, untuk mencegah munculnya klaster baru penyebaran virus Corona.

"Jadi protokol itu jadi makin penting, karena dalam report ini, ini sudah di-tracing ternyata bertemu dengan nomor sekian. Berarti kan antar lingkungan ini, bukan klaster dalam arti klaster seperti di sekolah nggak, tapi di kalangan warga masyarakat sendiri," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemda DIY menyebut hari ini terdapat penambahan 189 kasus baru positif virus Corora kemarin. Sebagian besar kasus baru hari ini didominasi hasil tracing kontak kasus positif.

Selain itu, hari ini terdapat penambahan 77 orang yang sembuh dari COVID-19. Sedangkan untuk pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia hari ini bertambah 1 orang sehingga total pasien meninggal positif COVID-19 menjadi 137 orang.

"Hari ini ada penambahan 189 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di DIY. Sehingga jumlah kasus positif (Corona) di DIY sebanyak 6384 kasus," kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (26/11).

Simak video 'Terpapar Covid-19, Dokter Ini Sebut Pasien Butuh Darah dari yang Sembuh':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)