11 Pedagang Positif Corona, Pasar Gede Solo Sisi Timur Ditutup

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 15:36 WIB
Pasar Gede Solo sisi timur ditutup usai 11 pedagang positif Corona, Selasa (1/12/2020).
Pasar Gede Solo sisi timur ditutup usai 11 pedagang positif Corona, Selasa (1/12/2020). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo -

Jumlah pedagang Pasar Gede Solo yang dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19 bertambah menjadi 11 orang. Untuk sementara, Pasar Gede Solo sisi timur ditutup hingga pekan depan.

"Setelah dilakukan tracing, total ada 11 pedagang yang dinyatakan positif COVID-19," kata Kepala Dinas Perdagangan Solo Heru Sunardi saat dihubungi detikcom, Selasa (1/12/2020).

Rencana penutupan Pasar Gede Solo sisi timur telah diumumkan melalui surat edaran pada Senin (30/11) kemarin dan langsung dilakukan penyemprotan disinfektan. Namun penutupan baru diberlakukan mulai hari ini, Selasa (1/12) hingga Senin (7/12) pekan depan.

Heru menyebutkan, pengumuman penutupan Pasar Gede Solo sisi timur disampaikan sejak Senin (30/11) kemarin agar pedagang dapat mengemasi barang dagangannya.

"Kemarin biar pedagang bisa mengemasi barang dagangannya dulu. Yang cepat busuk biar dibawa. Dan pedagang biar tidak kulakan dulu, makanya kita cepat-cepat sampaikan," ujar Heru.

Pantauan di lokasi siang ini, bangunan Pasar Gede Solo di sisi timur terlihat lengang. Kios-kios di bagian luar pasar tutup total. Baik pedagang kios, los maupun oprokan dilarang beraktivitas di Pasar Gede sisi timur.

Hanya pintu depan pasar yang masih dibuka, namun dijaga ketat aparat pengamanan, mulai dari satpam hingga kepolisian. Sementara Pasar Gede sisi barat masih dibuka seperti biasa.

Heru mengaku telah berkoordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan pemantauan di kawasan Pasar Gede sisi timur. Pedagang dilarang beraktivitas di sekitar pasar, apalagi jika nekat berjualan di jalan.

"Kita koordinasi dengan Satpol PP untuk berpatroli di sekitar pasar agar tetap steril dari aktivitas pedagang," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, dua orang pedagang Pasar Gede Solo dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19.

Kepala Dinas Perdagangan Solo, Heru Sunardi, mengatakan dua pedagang sembako tersebut sebelumnya menjalani rapid test dengan hasil reaktif. Setelah ditindaklanjuti dengan tes swab, mereka dipastikan terpapar virus Corona.

"Dua orang ini sejak diketahui reaktif sudah diminta isolasi mandiri. Sekarang masih melanjutkan isolasi mandiri. Dagangannya sementara tutup," kata Heru saat dihubungi detikcom, Minggu (29/11).

(rih/mbr)