Portal Underpass Ketanggungan Brebes Patah, Jalur Utama ke Kota Ditutup

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 15:07 WIB
Besi portal underpass KAI di Karangmalang, Ketanggungan, Brebes patah dan melengkung, Selasa (1/12/2020).
Besi portal underpass KAI di Karangmalang, Ketanggungan, Brebes patah dan melengkung, Selasa (1/12/2020). Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes -

Besi portal batas ketinggian kendaraan di underpass Karangmalang, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, patah. Semua kendaraan yang melewati jalur ini dialihkan.

Warga Desa Karangmalang, Rawuh (56), mengatakan sebelum patah portal ini tersangkut mobil pikap. Beberapa lama kemudian portal itu patah dan melengkung.

"Sebelumnya ada mobil pikap yang tersangkut portal. Kemudian tidak lama patah dan melengkung," ujar Rawuh di lokasi underpass, Selasa (1/12/2020).

Besi sepanjang 10 meter dengan lebar 40 cm diketahui patah sekitar pukul 09.00 WIB. Patahan besi berada di tengah sehingga portal melengkung ke bawah.

Dengan menggunakan dua batang kayu, warga berinisiatif menyangga portal agar tidak ambruk. Pantauan di lokasi siang ini, untuk sementara jalan utama penghubung wilayah selatan Ketanggungan dengan kota kecamatan ditutup.

Rawuh menambahkan, ketinggian underpass makin hari makin pendek. Hal ini lantaran adanya proyek peninggian jalan di bawah underpass tersebut.

"Dulu tingginya 270 cm, kemudian ada perbaikan beberapa tahun lalu. Setelah ada proyek itu tingginya berkurang menjadi 2,3 meter. Kemudian beberapa minggu lalu ada perbaikan dan peninggian lagi. Sekarang tingginya hanya 205 cm," ungkap Rawuh.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Ketanggungan AKP Suroto menjelaskan, portal besi itu dipasang di sisi luar underpass. Tujuannya untuk melindungi jembatan kereta api dengan cara mengontrol ketinggian kendaraan khususnya mobil. Dengan adanya portal ini, kendaraan yang memiliki ketinggian di atas 205 cm tidak bisa melintas.

"Kendaraan yang tingginya lebih dari 205 cm otomatis tidak bisa masuk karena terhalang portal besi. Besi ini dipasang untuk melindungi jembatan kereta api," kata Suroto.

Akibat kejadian ini, jalur utama wilayah selatan Ketanggungan ke kota kecamatan ditutup. Untuk sementara kendaraan motor dialihkan melalui terowongan Gedong Jimat, sedangkan kendaraan roda empat dialihkan melalui Jagapura dan Kubangjati.

(rih/ams)