Round-Up

Beragam Alasan untuk Mudik 10 Korban Tewas Kecelakaan di Tol Cipali

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 09:25 WIB
Jenazah sekeluarga dan balita asal Pekalongan yang menjadi korban tewas kecelakaan maut di Tol Cipali, Jawa Barat, tiba di rumah duka, Senin (30/11/2020).
Kedatangan jenazah sekeluarga korban kecelakaan di Tol Cipali (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan -

Delapan orang warga Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan dan tiga warga Petarukan di Pemalang menjadi koran tewas dalam kecelakaan di Tol Cipali KM 78, Senin (30/11). Beragam alasan mereka melakukan perjalanan mudik yang berakhir maut tersebut.

Delapan warga Pekalongan adalah pemudik dari Jakarta tujuan Kesesi, Pekalongan. Tujuan pulang kampung beragam. Dari ingin menghadiri acara peringatan setahun meninggalnya orang tua, rindu anak hingga pulang karena ada orderan kerjaan.

Tiga dari delapan warga Kesesi yang tewas, merupakan satu keluarga, yakni ayah-ibu dan seorang balita. Ketiganya Maulana (31), Vina Mutiara (25) dan anaknya yakni Maura Adelia Putri (4). Ketiganya warga Desa Kalimade RT 04, RW 02, Kecamatan Kesesi, Pekalongan.

Mereka pulang kampung, berniat untuk menghadiri acara doa dalam rangka memperingati setahun meninggalnya ayah Vina Mutiara yang sedianya akan digelar pada Senin malam (30/11).

Di rumah duka sendiri, Senin malam tetap dilangsungkan acara doa dan tahlil. Namun, doa dan tahlil ini tidak saja ditujukan pada mendiang ayah korban saja, namun juga digelar untuk mendoakan ketiga korban kecelakaan di Tol Cipali tersebut.

Sementara itu, tidak jauh dari Desa Kalimade, yakni di Desa Sidomulyo, masih di satu Kecamatan Kesesi, satu korban tewas yakni Saefudin Zuhri (41). Ia pulang kampung karena kangen dua anaknya.

Korban ingin menemui Febriyanti Novitasari (18) dan Dafi Dwi Saputra (11), yang juga belum lama ditinggal ibunya yakni Daryati (38). Ibunya meninggal seratus hari yang lalu, karena sakit. Selain itu, juga ada tawaran pekerjaan membuat sumur bor di Desa Ujungnegoro dan Desa Gandarum, Kajen, Pekalongan.

Di Desa ini, menurut Kepala Desa Sidomulyo, Agus Waluyo, terdapat dua warganya yang meninggal akibat kecelakaan di Tol Cipali. Keduanya yakni Saefudin Zuhri (41) warga RT 06/01 dan Rasbo Wibowo (55) warga Dusun Semangu RT 03/01.

Perlu diketahui, di wilayah Kecamatan Kesesi terdapat delapan korban tewas. Kedelapan korban tewas ini berasal dari Desa Kalimade (3 orang), Desa Sidomulyo (2 orang) dan Desa Sukorejo (3 orang).

Selain delapan tewas dari Pekalongan, kecelakaan juga mengakibatkan dua warga Pemalang, tewas. Keduanya merupakan warga Desa Babakan, Kecamatan Bodeh dan seorang warga Petanjungan, Kecamatan Petarukan, Pemalang.

Jenazah korban kecelakaan di Tol Cipali semuanya telah sampai ke rumah duka masing-masing, pada Senin malam (30/11). Sebagian juga telah dimakamkan di tempat pemakaman umum desa masing-masing. Sebagian lainnya, dimakamkan pada Selasa pagi (1/12).

(mbr/mbr)