Jadi Klaster Corona, SMP Swasta Jepara Ini Sempat Simulasi Sekolah Tatap Muka

Dian Utoro Aji - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 21:00 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi virus Corona. (Foto: Edi Wahyono)
Jepara -

Sebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menjadi klaster penyebaran virus Corona atau COVID-19. Sebelumnya SMP swasta tersebut sempat menggelar simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) atau sekolah tatap muka.

"Itu kan ada simulasi pembelajaran tatap muka langsung, kemudian ada satu siswa yang bergejala lalu kami periksa. Ternyata ada yang positif Corona," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Jepara, Moh Ali, saat dihubungi detikcom, Minggu (29/11/2020).

"Ada beberapa pelajar lain (yang positif virus Corona), tapi hasilnya ini belum jadi, lebih dari satu (yang terkonfirmasi positif Corona). Hasilnya belum selesai," sambung dia.

Ali mengatakan tes swab di SMP swasta itu dilakukan selama dua hari yakni Jumat (27/11) dan Sabtu (28/11). Kata dia sebelumnya ada satu siswa yang bergejala dan kemudian dinyatakan positif Corona.

"Kalau puluhan (siswa positif Corona) belum, karena hasilnya belum ada, yang pasti lebih dari dua (siswa yang terkonfirmasi positif Corona). Pastinya karena belum selesai semua," ujar Ali.

Menurutnya langkah tes swab tersebut merupakan kebijakan dari pemerintah daerah. Langkah itu sebagai persiapan rencana sekolah tatap muka yang akan kembali digelar mulai Januari 2021 mendatang.

"Kita semua tracing, dan semua guru dan siswa kan harus di tes swab. Kita ada edaran (Bupati Jepara) sebelum kasus ini," ujar dia.erkonfirmasi positif COVID-19.

Sementara itu, dari data corona.jepara hari ini tercatat jumlah kasus aktif terkonfirmasi positif Corona di Jepara ada 413. Sedangkan kasus sembuh 1.978 orang dan kasus meninggal dunia 193 orang. Sehingga total kasus virus Corona di Jepara mencapai 2.584 kasus.

(sip/sip)