Update Puluhan Kasus Corona Klaster Bus Tur Bupati Brebes ke Bromo

Imam Suripto - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 14:39 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona. (Foto: Edi Wahyono)
Brebes -

Pemkab Brebes, Jawa Tengah, mengungkap ada 36 kasus positif virus Corona atau COVID-19 terkait perjalanan tur Bupati ke Malang dan Bromo, Jawa Timur. Perkembangan terkini, 34 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh.

"Terhitung 14 hari setelah pengambilan uji swab. Maka sejak Kamis kemarin, 34 pasien klaster bus sudah sembuh dan bisa beraktivitas normal," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sartono saat dihubungi wartawan, Jumat (27/11/2020).

Sartono mengungkap meski sudah sembuh, 34 orang itu bisa terpapar Corona kembali. Dia berpesan untuk semua pihak tetap patuh pada protokol kesehatan.

"Pasien yang sudah sembuh tetap bisa terinfeksi kembali, hanya akan lebih kebal. Namun yang terpenting, selalu patuhi protokol kesehatan. Wajib pakai masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer," jelasnya.

Selain itu, dua orang yang masih positif virus Corona saat ini menjalani perawatan di RSUD Brebes. Dua orang itu yakni S, sekretaris Badan Kepegawaian Pengelolaan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) dan UF (sekretaris Dindikpora).

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Brebes Imam Budi Santoso mengatakan tracing masih dilakukan.

"Jika ada kontak erat klaster bus Sekdin yang terpapar. Dipastikan bukan lanjutan dari tracing. Karena sudah melebihi masa inkubasi virus 14 hari isoman (isolasi mandiri)," jelas Imam.

Imam menambahkan, para pasien yang sudah sembuh di antaranya dari lingkungan pendopo termasuk suami dan dua anak kembar bupati. Selanjutnya, para pejabat meliputi sekretaris dinas dan kabag peserta studi banding serta staf BKPSDMD yang sebelumnya dinyatakan positif Corona.

(sip/rih)