Round-Up

Cerita Nasabah Maybank Solo, Tabungan Raib Usai Ponsel Hilang Sinyal

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 07:37 WIB
Ilustrasi Penipuan
(Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo)
Solo -

Berawal dari ponsel yang hilang sinyal, nasabah Bank Maybank di Solo, Candraning Setyo, mengaku kehilangan uang tabungannya. Uangnya raib senilai Rp 72.653.000 dan hanya tersisa Rp 80 ribu.

Cerita bermula pada Juni 2020. Saat itu nomor ponsel suami Candra tiba-tiba hilang sinyal. Nomor ponsel itu terhubung dengan internet banking bank tempat Candra menabung.

"Hari itu tiba-tiba ponsel hilang sinyal, tidak bisa telepon, menerima telepon, WA, tidak bisa dipakai sama sekali," kata salah seorang kuasa hukum korban, Gading Satria Nainggolan saat dijumpai di kawasan Jalan Slamet Riyadi, Timuran, Kota Solo, Senin (16/11/2020).

Beberapa hari setelah mengurus SIM Card di kantor provider di Purwosari, Solo, Candra kebetulan ingin mencetak rekening koran. Dari situ dia menyadari bahwa uangnya ludes.

"Ada lima transaksi aneh pada 11 Juni 2020, pukul 13.24 WIB sampai 13.32 WIB. Ada transfer ke dua rekening bank masing-masing Rp 25 juta, lalu ada tiga top up (ke penyedia layanan keuangan digital) sebesar Rp 9.801.000, Rp 9.901.000 dan Rp 2.951.000," jelas Gading.

Setelah mengadu ke Maybank cabang Urip Sumoharjo tempatnya menabung, keluhan Candra ditanggapi dua bulan kemudian. Bank menganggap transaksi pada rekening Candra legal karena pelaku berhasil memasukkan user name dan password.

Padahal, kliennya mengaku tidak pernah menggunakan aplikasi internet banking, meskipun pernah mendaftarkan nomor ponselnya. Sebab rekening banknya tersebut memang difungsikan sebagai tempat penyimpanan, sehingga tidak banyak transaksi yang dilakukan.

"Artinya, klien kami tidak pernah meninggalkan jejak digital terkait data user name dan password-nya. Satu-satunya yang menyimpan data itu adalah pihak bank. Apakah sistem keamanannya lemah, atau ada oknum yang sengaja membobol data perbankan nasabah?" sebut Gading.

Simak juga video 'Polisi Periksa 23 Saksi Terkait Uang Rp 22 Miliar Diduga Raib':

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya: Apa kata pihak Bank Maybank?

Selanjutnya
Halaman
1 2