Kilatan Cahaya di Merapi Terekam CCTV Diduga Lintang Alihan, Apa Itu?

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 09:11 WIB
Kilatan cahaya misterius di puncak Gunung Merapi terekam CCTV di Pos Induk Balerante.
Kilatan cahaya misterius di puncak Gunung Merapi terekam CCTV. (Foto: dok. Istimewa)
Yogyakarta -

Sebuah kilatan cahaya melintas di sekitaran puncak Gunung Merapi. Dosen Sastra Jawa Fakultas Ilmu Budaya UGM, Wisma Nugraha Christianto, menyebut kilatan itu sebagai sejenis fenomena alam yang disebut lintang alihan.

"Saya tidak bisa berandai-andai, mas. Menurut saya itu sejenis lintang alihan yang kebetulan tampak seolah di atas Merapi karena alat pemantau merapi yang kebetulan me-record-nya (merekamnya)," kata Wisma saat dihubungi detikcom, Senin (16/11).

Terkait seringnya fenomena seperti itu muncul jelang erupsi merapi, dia menilai fenomena itu kerap terjadi. Bahkan dia menyebut kilatan di Merapi sebagai hal kebetulan terekam CCTV.

"Dalam budaya Jawa itu peristiwa yang ndilalah (kebetulan) in accident, visualnya terindera di sekitar merapi yang udaranya sedang cerah," ujarnya.

Lintang alihan adalah istilah lokal masyarakat Jawa. Secara harafiah, lintang alihan berarti bintang yang berpindah posisi. Istilah itu dipakai untuk menamai peristiwa meteor atau benda langit lainnya yang terbakar di atmosfer bumi yang secara tampak mata telanjang seperti bintang yang bergerak cepat untuk berpindah posisi.

Selanjutnya
Halaman
1 2