Round-Up

Ki Seno Nugroho Meninggal, Berpulangnya Pesohor Jagat Pedalangan

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 08:21 WIB
Jenazah dalang Ki Seno Nugroho diberangkatkan ke pemakaman. Isak tangis sinden dan niyaga (penabuh gamelan) mengiringi pelepasan jenazah.
Pelepasan jenazah Ki Seno Nugroho (Foto: PIUS ERLANGGA/detikcom)
Ia menuturkan sebelumnya Ki Seno sudah sempat masuk ke rumah sakit. Keluhannya juga sama yaitu soal jantung.

"Keluhan itu ada sebelumnya sudah masuk rumah sakit PKU Gamping itu masih bisa tertolong. Itu kejadiannya sekitar 2 bulan yang lalu," ungkapnya.

Menurutnya, Ki Seno sebelumnya sudah merasa nyeri. Selain itu punya penyakit asam lambung. Orang dekat Ki Seno pun sudah pernah meminta untuk berhenti merokok. "Sudah merasa nyeri tiga hari berikutnya. Punya penyakit asam lambung juga. Dulu sempat berhenti merokok juga," pungkasnya.

Ki Seno dikenal luas sebagai pendobrak kebekuan tradisi jagat pedalangan. Dia tampil dengan semangat mendekatkan pementasan wayang kulit kepada penggemar baru, kalangan milenial. Karenanya, Seno menampilkan gaya pakeliran yang cair dan menggunakan bahasa Jawa yang lebih mudah dipahami awam.

Ki Seno juga berhasil memadukan dua gaya utama pedalangan Jawa, yakni gaya Solo dan gaya Yogya. Banyak kalangan menyebut, Seno lebih banyak 'mengadopsi' gaya Solo dalam pementasannya, sehingga dia bisa diterima luas termasuk di kantong-kantong pendukung pewayangan di luar Yogya.


(mbr/mbr)