Oknum Satpol PP Salatiga Ditangkap karena Bawa Sabu

Akbar Hari Mukti - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 21:58 WIB
Ilustrasi narkoba, sabu putau ganja
Foto: Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Salatiga -

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Salatiga, Jawa Tengah, ditangkap Polres Salatiga. Sebab oknum berinisial S (50) warga Blotongan, Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga itu kedapatan membawa narkoba jenis sabu.

"Penangkapan yang bersangkutan dilakukan di depan Rutan Salatiga, Selasa (27/10) kemarin. Tersangka kedapatan membawa paket sabu," kata Kasat Narkoba Polres Salatiga AKP Andie Prasetyo saat dihubungi detikcom, Jumat (30/10/2020).

Menurut Andie, paket sabu yang dibawa S seberat 0,4 gram. Untuk mengelabui, lanjutnya, paket sabu itu disembunyikan ke dalam plastik bungkus obat masuk angin.

"Selain sabu yang dimasukkan ke sachet obat masuk angin anak, juga diamankan potongan sedotan dan ponsel yang diduga digunakan untuk sarana bertransaksi," jelasnya.

Penangkapan itu bermula saat anggota Polres Salatiga melakukan patroli di kawasan Rutan Salatiga. Saat itu anggota melihat seseorang yang bertingkah mencurigakan.

"Saat hendak kami dekati, yang bersangkutan mencoba membuang barang dari sakunya. Barang yang dibuang itu kemudian ditemukan di bawah kakinya," ujar Andie.

"Saat kami menanyakan, yang bersangkutan kemudian mengakui bahwa barang tersebut merupakan sabu yang dibeli tersangka," sambungnya.

Atas penangkapan itu, S dikenakan pasal 114 ayat 1 subsider pasal 112 ayat 1 subsider pasal 127 ayat 1 UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkoba.

(rih/mbr)