Terungkap Fakta Baru, Yulia Ternyata Dipukul Linggis 7 Kali Lalu Dibakar

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 18:21 WIB
Prarekonstruksi pembunuhan Yulia di Sukoharjo, Senin (26/10/2020).
Prarekonstruksi pembunuhan Yulia di Sukoharjo. Foto: (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Sukoharjo -

Polisi menggelar prarekonstruksi tahap pertama kasus pembunuhan Yulia (42) yang mayatnya ditemukan terbakar dalam mobil di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Ternyata pelaku, Eko Prasetyo (30) memukul kepala Yulia dengan linggis sebanyak tujuh kali lalu membakar jasadnya.

Tujuh pukulan itu seluruhnya dilakukan di kandang ayam yang merupakan bisnis kerja sama Yulia dengan Eko. Mereka sebelumnya telah bersepakat bertemu di kandang ayam yang lokasinya 500 meter dari rumah Eko, Desa Puhgogor, Bendosari, Sukoharjo, Selasa (20/10).

Pantauan detikcom di lokasi kejadian, Senin (26/10/2020) pukul 16.00 WIB, terlihat dalam reka ulang kejadian, pukulan pertama dilakukan ke arah belakang kepala saat Yulia hendak masuk ke mobil. Yulia lalu tersungkur di depan kandang. Eko kembali memukul kepala Yulia.

Pelaku lalu mengangkat badan korban dengan setengah menyeret masuk ke dalam kandang. Di situ pelaku sempat meminta ponsel sekaligus PIN m-banking Yulia.

"Korban ditakut-takuti kalau tidak mau memberi PIN akan dihabisi. Setelah bisa mentransfer Rp 15 juta, korban kembali dipukul ke arah kepala," kata Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas di lokasi pembunuhan, Sukoharjo, Senin (26/10/2020).

Pelaku lalu mengikat tangan korban dengan selotip. Selotip juga digunakan untuk membungkam Yulia yang kondisinya tak berdaya.

Pelaku kemudian menyeret korban menuju mobil dan membopongnya ke belakang mobil. Untuk memastikan tak bernyawa, Eko kembali memukul kepala Yulia sebanyak empat kali.

"Total ada tujuh kali pukulan sampai korban meninggal dunia," ujar Bambang.

Pelaku sempat pulang ke rumah untuk membersihkan diri. Saat itu Eko memiliki ide membakar korban untuk menghilangkan jejak.

Dia lalu mengambil bensin di gudang beras miliknya. Kemudian terjadilah pembakaran mobil di halaman toko bangunan Desa Sugihan, Bendosari, Sukoharjo.

Korban lalu ditemukan oleh warga sekitar pukul 22.00 WIB. Sedangkan Eko akhirnya ditangkap di rumahnya pada Rabu (21/10) pukul 03.00 WIB.

Tonton video 'Saksi Mata: Yulia Dibunuh dan Dibakar dalam Mobilnya':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)