Untuk Kedua Kalinya, Pasar Harjodaksino Solo Ditutup Gegara Corona

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 25 Okt 2020 19:58 WIB
Pasar Harjodaksino Solo ditutup gegara Corona, Selasa (14/7/2020).
Foto: Pasar Harjodaksino Solo ditutup gegara Corona, Selasa (14/7/2020). (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Pasar Harjodaksino, Serengan, Kota Solo, kembali ditutup akibat adanya warga pasar yang terpapar virus Corona atau COVID-19. Penutupan ini merupakan kali kedua setelah penutupan pada Juli lalu.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo, Ahyani, mengatakan ada tiga orang di pasar itu yang dinyatakan positif virus Corona. Mereka adalah dua pedagang dan satu petugas kebersihan.

"Awalnya diketahui satu orang pedagang positif. Setelah di-tracing, bertambah dua, yaitu satu pedagang dan satu petugas kebersihan," kata Ahyani saat dihubungi detikcom, Minggu (25/10/2020).

Penutupan pasar dilakukan selama dua hari. Namun khusus untuk los tempat pedagang itu berjualan akan ditutup sepekan.

"Pasar ditutup dua hari untuk penyemprotan disinfektan, mulai sore ini, Selasa buka. Di los tempat pedagang yang terpapar ditutup sepekan," ujarnya.

Meski Pasar Harjodaksino telah dua kali ditutup, Ahyani meminta masyarakat tidak memberi stigma negatif pada pasar tersebut. Menurutnya, penularan COVID-19 memang tidak bisa diprediksi.

"Karena pedagang belum tentu tertular saat di pasar. Petugas pasar selalu kami minta patroli setiap waktu agar protokol kesehatan terus berjalan," ujarnya.

Selain itu, terdapat temuan satu kasus virus Corona pada tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Gambirsari, Banjarsari. Puskesmas itu ditutup sementara untuk dilakukan pendataan.

"Ada satu nakes positif. Puskesmas Gambirsari kita alihkan ke Puskesmas Pembantu Krembyongan. Selama ditutup, kita lakukan tracing," tutupnya.

Hingga Minggu (25/10), akumulasi kasus virus Corona di Solo mencapai 1.067 orang positif. Sebanyak 724 orang di antaranya sembuh, 238 orang isolasi mandiri, 65 orang dirawat, 40 orang meninggal dunia.

Tonton juga 'Ada Pedagang Positif Covid-19 Wafat, Pasar Harjodaksino Solo Tutup':

[Gambas:Video 20detik]

(bai/sip)