Ini Dia Layang-layang yang Nyangkut di Ban Pesawat Saat Akan Mendarat

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 12:30 WIB
Layang-layang tersangkut di bagian pesawat Citilink saat hendak mendarat di Bamdara Adisutjipto, Yogyakarta, Jumat (23/10/2020)
Layang-layang tersangkut di bagian pesawat Citilink saat hendak mendarat di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta (Foto: dok. Bandara Adisutjipto)
Sleman -

Sebuah layang-layang tersangkut di bagian landing gear pesawat Citilink yang akan mendarat di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta kemarin. Beruntung pesawat bisa mendarat mulus dan semua penumpang selamat. Seperti apa penampakan layang-layang yang tersangkut di pesawat itu?

General Manager PT AP 1 Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama menjelaskan layang-layang itu baru diketahui tersangkut usai pesawat dengan nomor penerbangan QZ 1107 jenis ATR 72-600 itu mendarat.

"Dari tower juga sudah mengingatkan (banyak layang-layang), ternyata pada saat mendarat ditemukan layang-layang nyangkut kira-kira dengan lebar 50 cm menyangkut di landing gear atau ban sebelah kiri," kata Agus Pandu saat dihubungi wartawan, Sabtu (24/10/2020).

Berdasarkan foto yang diterima detikcom dari Agus Pandu, posisi layang-layang saat ditemukan tersangkut pada bagian roda atau landing gear. Layangan itu pun nampak hampir masuk pada bagian roda.

Bentuk layang-layang pun sudah hancur dan sudah tidak jelas layang-layang itu berjenis apa. Material layang-layang tampak terbuat dari bambu, kertas berwarna putih, merah dan biru.

Selain itu ditemukan juga kantong plastik berwarna hitam dan putih. Dalam foto itu juga terlihat ada tali berwarna kuning.

Sebelumnya, sebuah layang-layang dilaporkan tersangkut di bagian pesawat Citilink nomor penerbangan QZ 1107 jenis ATR 72-600 rute penerbangan dari Jakarta menuju Yogyakarta. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (23/10) pukul 16.48 WIB.

Penampakan layang-layang yang nyangkut di pesawat saat akan mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (23/10/2020).Penampakan layang-layang yang nyangkut di pesawat saat akan mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (23/10/2020). Foto: dok. Bandara Adisutjipto

Agus Pandu menjelaskan pilot sempat melaporkan banyak layang-layang di area bandara pada saat di final approach ketinggian kira-kira 1000 kaki. Areanya di seputaran barat flyover Janti.

"Memang pilot melihat banyak layang-layang di sana (sekitar flyover Janti) dan sudah dilaporkan ke petugas tower bahwa di final approach banyak sekali layang-layang tapi sulit dihindari karena itu lintasan pesawat," jelasnya.

Pandu menerangkan peristiwa layang-layang tersangkut di landing gear itu tak berdampak kerusakan di pesawat. Dari hasil pengecekan tim, pesawat itu dinyatakan layak terbang.

"Setelah dicek tidak ada kerusakan di struktur dan skin pesawat dan sudah dilakukan pengecekan oleh tim teknis Citilink pesawat masih layak terbang," paparnya.

Tonton juga video 'Detik-detik Pria di Polman Terseret Layangan Raksasa':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)