Debat Perdana, Ini Dia Visi Misi 2 Paslon Pilwalkot Magelang

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 22:01 WIB
Debat perdana calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang di Atria Magelang Hotel, Kamis (22/10/2020).
Debat perdana calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang di Atria Magelang Hotel, Kamis (22/10/2020). Foto: dok. KPU Kota Magelang
Kota Magelang -

Debat publik perdana pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang dilangsungkan secara virtual. Pelaksanaan debat Pilwalkot Magelang ini hanya dihadiri paslon, KPU dan Bawaslu.

Dalam debat yang berlangsung malam ini, paslon nomor urut satu Muchammad Nur Aziz-M Mansyur (Aman) memakai baju warna putih, celana hitam dan memakai pecis. Sedangkan paslon nomor urut dua Aji Setyawan-Windarti Agustina (Aswinner) memakai baju batik warna merah dengan motif water toren. Mereka secara bergantian menyampaikan visi misinya.

Untuk debat perdana bertema Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dalam Tatanan Normal Baru ini disiarkan langsung oleh stasiun televisi swasta, akun Instagram, Facebook serta YouTube KPU Kota Magelang. Debat kali ini dipandu moderator Andromeda Mercury.

Pelaksanaan debat di tengah masa pandemi virus Corona atau COVID-19, para pendukung paslon nomor satu maupun pendukung paslon nomor dua mengikuti secara virtual di masing-masing posko. Demikian halnya panelis tidak hadir secara langsung, namun mengikuti secara virtual juga.

Aziz saat menjawab pertanyaan dari panelis terkait Kota Magelang sebagai Kota Jasa dalam pelayanan kepada masyarakat era tatanan baru menyampaikan, strategi protokol kesehatan ditegakkan. Pihaknya mengatakan, jika terpilih menjadi Wali Kota Magelang akan mengucurkan program bantuan sebesar Rp 30 juta bagi setiap RT.

"Program Rp 30 juta per RT untuk meningkatkan UMKM. Penegakan COVID-19 harus dilaksanakan di Kota Jasa di Magelang," kata Aziz dalam debat yang berlangsung di Atria Magelang Hotel, Kamis (22/10/2020).

Sedangkan Aji mengatakan, akan memberikan kemudahan bagi investor untuk berinvestasi di Kota Magelang. Untuk perizinan akan dipermudah sehingga diharapkan dalam pengurusan perizinan satu atap dalam dua hari jadi dan bisa dilakukan dari rumah.

"Perizinan satu atap dipermudah. Iklim usaha dan investasi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron, mengatakan debat ini akan membawa manfaat bagi masyarakat Kota Magelang. Debat ini bukan adu pintar atau adu argumentasi, namun menyampaikan visi misi dan program paslon lima tahun ke depannya.

"Debat ini akan membawa manfaat bagi masyarakat Kota Magelang, bukan adu pintar atau adu argumen, tapi menyampaikan visi misi dan program paslon lima tahun ke depan yang akan membawa kemakmuran masyarakat Kota Magelang," kata Basmar.

Pihaknya berharap, warga masyarakat Kota Magelang untuk memperhatikan, mendengarkan serta mencermati dengan benar.

"Kita berharap masyarakat Kota Magelang memperhatikan, mendengarkan dan mencermati secara benar. Program kebijakan strategi masing-masing paslon untuk kemakmuran lima tahun ke depan," tuturnya.

Diketahui, Pilkada Kota Magelang 2020 diikuti dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Untuk paslon nomor urut satu, Muchammad Nur Aziz berpasangan dengan M Mansyur. Paslon ini diusung PKS, PKB, Demokrat dan Golkar yang totalnya memiliki 12 kursi di DPRD.

Kemudian, paslon Aji Setyawan berpasangan dengan Windarti Agustina. Aji merupakan putera sulung Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito. Sedangkan Windarti merupakan Wakil Wali Kota petahana. Paslon ini diusung PDI Perjuangan, Gerindra, Hanura dan Perindo yang totalnya memiliki 13 kursi DPRD.

(rih/mbr)