Usai Hadiri Acara Ultah, 12 Orang Sekeluarga di Solo Kena Corona

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 13:43 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi virus Corona. Foto: Edi Wahyono
Solo -

Sebanyak 12 orang sekeluarga di Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19. Mereka memiliki riwayat kontak dengan seorang pasien virus Corona saat menghadiri acara ulang tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan kasus awal diketahui pada Kamis, 15 Oktober 2020 ketika saudara mereka dari luar Solo meninggal dalam kondisi positif virus Corona.

"Saudara mereka datang ke acara ulang tahun di sebuah rumah di Bumi. Hanya acara keluarga. Katanya kondisinya sudah tidak enak badan, beberapa hari kemudian meninggal dunia," ujar Siti Wahyuningsih kepada wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (20/10/2020).

Setelah itu sejumlah anggota keluarga mereka yang hadir dalam acara itu menjalani tes swab dalam waktu yang berbeda. Total ada 12 orang yang dinyatakan positif virus Corona.

"Pertama ada satu yang positif, kedua empat orang positif, terakhir tujuh orang positif, jadi 12 orang. Memang keluarga besarnya tinggal di rumah itu," ujar dia.

Sementara itu, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, meminta warganya agar tidak menggelar acara yang mengumpulkan banyak orang, termasuk acara keluarga. Pria yang akrab disapa Rudy ini meminta warga sekitar mengingatkan jika tak ada penerapan protokol kesehatan dalam sebuah acara.

"Tidak usah dulu lah kalau acara yang mengumpulkan orang. Arisan saja masih tidak boleh. Apalagi kalau tidak pakai protokol kesehatan," kata Rudy kepada wartawan di Balai Kota Solo, hari ini.

"Makanya ini pentingnya Jogo Tonggo. Warga sekitar kalau lihat keramaian diingatkan saja. Kalau tidak berani, laporkan ke Satpol PP," tutupnya.

(sip/mbr)