Sepekan Corona di Solo: Klaster RW Gandekan hingga Lacak Pembeli Soto

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 15:06 WIB
Sejumlah warga Gandekan, Surakarta, bergotong-royong memasak makanan bergizi untuk pasien OTG Corona yang sedang menjalani isolasi mandiri.
Solidaritas Warga Solo untuk Pasien OTG Corona. Foto: Agung Mardika/detikcom)
Solo -

Dalam sepekan, penambahan kasus COVID-19 di Solo terlihat cukup menonjol. Mulai dari lanjutan kasus di Asrama Militer (Asmil), munculnya klaster di satu RW Kelurahan Gandekan, hingga pencarian pembeli yang mungkin terpapar COVID-19 di warung soto.

RW di Gandekan

Sebanyak 10 orang warga dalam satu RW di Kelurahan Gandekan, Jebres, Solo, terpapar COVID-19. Mereka kini dirawat di rumah sakit.

Kasus berawal dari munculnya empat orang dalam satu rumah yang dinyatakan positif COVID-19. Mereka adalah seorang tenaga kesehatan (nakes), ibu dari nakes, anak dari nakes dan seorang asisten rumah tangga.

Dari empat orang tersebut, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo melakukan swab kepada 19 orang. Mereka lalu dikarantina di sebuah SD di kawasan tersebut. Hasil swab menunjukkan enam orang positif COVID-19.

"Jadi total ada 10 orang positif. Sebelumnya empat orang, hari ini tambah enam orang," kata Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, di Balai Kota Solo, Kamis (15/10).

11 penghuni rusun Asmil positif

Sebanyak 11 orang penghuni rumah susun Asmil Solo dinyatakan positif COVID-19. Kasus berawal dari satu orang positif COVID-19 pada awal Oktober. Setelah dilacak, total ada delapan kasus hingga Jumat (9/10).

"Total delapan orang positif. Itu terdiri dari keluarga dan tetangga. Yang di-tracing sampai 70-an orang," ujar Ahyani saat dijumpai di Balai Kota Solo, Jumat (9/10/2020).

Kemudian 70 kontak dari delapan pasien positif COVID-19 itu menjalani tes swab. Hasilnya ada tambahan tiga orang yang terpapar virus.

"Sampai hari ini ada 11 orang terkonfirmasi COVID-19 (dari kasus rumah susun Asmil Solo)," kata Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, saat dijumpai di Balai Kota Solo, Rabu (14/10/2020).

Tonton juga 'Aksi Guru SD di Solo Pentaskan Wayang Corona di Puncak Gedung':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2