Amien Rais Bikin Partai Ummat, PAN Solo: Selamat, Kita Lihat 2024

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 20:52 WIB
Amien Rais mengumumkan partai barunya, Partai Ummat (Dok. Screenshot YouTube Amien Rais).
Foto: Amien Rais mengumumkan partai barunya, Partai Ummat (Dok. Screenshot YouTube Amien Rais).
Solo -

Tokoh Reformasi Amien Rais mengumumkan nama partai baru yang akan dibentuknya, yaitu Partai Ummat. Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari pun memberikan ucapan selamat.

"Kita ucapkan selamat, tapi saya belum bisa komentar karena baru dideklarasikan, belum pendaftaran, masih panjang prosesnya. Pembuktiannya masih jauh, 2024," kata Sapari saat dihubungi detikcom, Kamis (1/10/2020).

Sapari menyebut momentum tahun 2024 di masa Pileg dan Pilpres bakal jadi penakar kekuatan Partai Ummat. Menurutnya, Amien Rais bisa dinilai berhasil jika bisa menempatkan kader Partai Ummat di parlemen.

"Nanti kan baru bisa kita lihat pas Pemilu 2024. Apakah bisa menempatkan kadernya di parlemen, apakah bisa sesuai ambang batas, kita lihat dulu," ujar dia.

Dia pun tak khawatir dengan keberadaan partai baru besutan Amien Rais itu. Sapari menyebut kader PAN di Solo masih solid dan mengklaim tak ada gejolak di partainya.

"Sampai hari ini PAN masih solid, tidak ada gejolak. Saya pikir kader sudah bisa memilah bagaimana memilih yang sesuai," ujar Sapari.

Seperti diketahui, Amien Rais telah mengumumkan nama partai barunya, yakni Partai Ummat. Amien menjelaskan arti nama partai barunya ini, Partai Ummat. Menurut Amien, ini terkait dengan asas partainya.

"Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," sebut Amien Rais melalui akun YouTube resminya, Kamis (1/10).

Amien juga menyampaikan ingin berjuang melawan kezaliman lewat Partai Ummat.

"Pertama, melakukan al amru bil ma'ruf dan an-nahyu 'anil munkar, yakni memerintahkan tegaknya kebajikan dan memberantas keburukan. Kedua, menjalankan al amru bil 'adli dan an-nahyu 'anidzulmi, yakni menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman," tutur Amien

(ams/rih)